Pelatihan Desain Kemasan Produk Asosiasi UMKM Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus : Produk Kerupuk)

  • Akhmad Wasiur Rizqi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Jufriyanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Pregiwati Pusporini Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Desain kemasan, UMKM, Canva

Abstract

Kemasan merupakan salah satu hal penting dalam melakukan penjualan dan pemasaran produk.  Desain kemasan yang baik akan menjadi daya tarik konsumen untuk minat terhadap suatu produk. Semakin tinggi minat konsumen maka semakin tinggi penjualan. Asosiasi UMKM Sidayu merupakan perkumpulan organisasi UMKM yang ada di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Salah satu hasil produk unggulan UMKM yaitu kerupuk. Permasalahan yang terjadi bahwa banyak produk yang belum memiliki kemasan yang menarik, salah satunya adalah produk kerupuk tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan desain kemasan kepada pelaku UMKM agar mampu meningkatkan penjualan produk. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan desain kemasan yaitu aplikasi canva dan alat yang digunakan yaitu handphone.  Program pelatihan ini dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan tersebut, yaitu pelaku UMKM mulai mengerti mengenai pentingnya desain kemasan pada produk. Pelaku UMKM mulai mengertu dengan adanya desain kemasan memberikan identitas tentang kepemilikan produk tersebut. Pelaku UMKM juga mulai mengerti serta dapat menggunakan aplikasi canva untuk membuat desain kemasan

References

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27.
Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development Universitas, (September), 1079–1097.
Erlyana, Y. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model View: Studi Kasus Keripik Maicih. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 302–308.
Everlin, S., & Yosephine, C. (2018). Analisis Desain Kemasan Yogurt Drink ‘Cimory.’ Titik Imaji, 1(2), 109–121.
Kristiana, N. (2018). Aplikasi Gestalt pada Desain Label Kemasan Produk Aqua. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 1–13.
Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17), 05(01), 92–98.
Samodro. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman Oleh-Oleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan. Widyakala, 5(1), 66–76.
Tunky, H., & Kohardinata, C. (2016). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 567–583.
Zen, H. Z., Satriardi, Dermawan, D., Anggraini, A. D., Meirizha, N., & Yul, A. F. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 1(2), 12–15.
Published
2021-08-11
Section
Articles