Pelatihan Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan Kemuning Di Tegal Jawa Tengah

  • Nabila Noor Qisthani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Arry Darmawan Politeknik Muhammadiyah Tegal
  • Emmareta Fauziah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Syarif Hidayatuloh Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: SMEs, e-commerce, sellfish waste.

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai bidang usaha, salah satunya Industri Kecil Menengah (IKM). Beberapa masalah yang dihadapi oleh IKM saat ini adalah menurunnya permintaan produk yang diakibatkan daya beli konsumen yang juga ikut menurun. Salah satu IKM yang menjadi objek dalam pengabdian masyarakat ini adalah IKM Kerajinan Kemuning yang berada di desa Muarareja, Tegal Barat, di Kecamatan Tegal, Provinsi Jawa Tengah. IKM ini memproduksi produk kerajinan dengan bahan baku utama dari limbah kerang laut dengan memanfaatkan potensi lokal yang sangat melimpah. Limbah kerang laut banyak ditemui dari daerah sekitar pantai Muarareja. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra penelitian adalah kurang optimalnya penjualan yang mereka lakukan karena mereka masih menggunakan strategi pemasaran tradisional seperti menjual produk mereka di warung-warung sekitar Pantai Muarareja. Hal inilah yang mendorong untuk dilakukannya pengabdian masyarakat di IKM mitra agar dapat meningkatkan penjualan mereka dengan melakukan pelatihan pemasaran produk dengan e-commerce.

References

Avianto, Bhakti Nur. 2017. “Analisis Pengembangan Home Industri Unggulan Kaos Etnik Khas Cirebon Di Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.” Jurnal Ilmiah Indonesia 2(9): 48–57. http://www.elsevier.com/locate/scp.
Edy Supriyadi, Endang Etty Merawaty, Derriawan, Fachrudin Salim. 2018. “Pengembangan Komoditas Unggulan Di Wilayah Pengembangan Tumpang, Kabupaten Malang.” Jurnal Kawistara 7(2): 115–206.
Gambrien, Bestary, Ade Rahmat Iskandar, and risnandar. 2012. “E-commerce Untuk Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( UMKM ).” Jurnal Teknologi Informasi Poleteknk Telkom 1(4): 144–51.
Santosa, Agus. 2017. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Indonesia 5(9): 1257–72. http://www.elsevier.com/locate/scp.
Syahrul. 2012. “E-Commerce Sebagai Solusi Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) | Jurnalinspiration.” STMIK AKBA, Makassar: 1–13. https://jurnalinspiration.wordpress.com/2012/02/03/e-commerce-sebagai-solusi-pemasaran-bagi-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm/.
Published
2021-08-11
Section
Articles