Pengabdian Pada Masyarakat Dengan Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Dalam Upaya Ikut Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

  • Wiwin Windihastuty Universitas Budi Luhur
  • Krisna Adiyarta Universitas Budi Luhur
  • Wendy Usino Universitas Budi Luhur
Keywords: Technical Guidance, Workshop, Interviewe, Partner

Abstract

Direktorat Riset  dan Pengabdian Pada Masyarakat (DRPM) Universitas Budi Luhur (UBL) sebagai pelaksana dalam bidang Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat, dituntut untuk berperan aktif tidak hanya dalam mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi tetapi turut serta dalam kegiatan masyarakat.  DPRD yang terdiri dari berbagai macam latar belakang membutuhkan peningkatan skill, perubahan sikap, perilaku, korelasi terhadap kekurangan – kekurangan kinerja untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas melalui pelatihan atau salah satunya bimbingan teknis. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh DRPM Universitas Budi Luhur adalah mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), dengan memfasilitasi DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Workshop dan Bimbingan Teknis dalam upaya ikut meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Anggota DPRD. Metode kuantitatif  digunakan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara serta data dilapangan dengan analisis PLS (Partial Least Square) menggunakan sampel sebanyak 41 orang. Kegiatan Workshop dan Bimtek yang telah dilaksanakan dengan lancar sampai hari terakhir dan diwarnai dengan diskusi aktif antara Pimpinan dan Anggota DPRD bersama para narasumber.  Melalui workshop dan bimbingan teknis, memberikan manfaat pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan tugas-tugas kedewanan.

References

Andriastuti, K. T. P. (2017). Pengaruh Kebijakan Bimtek Terhadap Kinerja Legislasi DPRD Kabupaten Bangli. Public Inspiration Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 1–7.
Ekaningsih, A. S. (2013). Peran Pendidikan dan Pelatihan serta Kompetensi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur (Studi pada Dinas Perhubungan Kota Tarakan). Jurnal Borneo Administrator, 9(2), 189–207.
Kristanti, T. (2009). Integrasi Enterprise (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan “X”). Jurnal Sistem Informasi, 4(1), 17–32.
Mangkin, B. R. (2018). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Bimtek dalam Peningkatan Kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Universitas Sanata Dharma.
Ray Septianis Kartika dan Garsy Simorangkir (2019). Efektivitas Bimtek Fasilitator dalam Pelaksanaan Inovasi Daerah. Matra Pembaharuan, Jurnal Inovasi Kebijakan. Vol. 3 No.2
Setiawan, I. (2017). Implementasi Inovasi Daerah di Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2), 83–93.
Sugiyantari, D., Titisari, P., & Sumani, S. (2018). Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Cloud pada Pemerintah Kabupaten Jember. BISMA, 12(1), 106–118.
Komang Tri Putri Andriastuti Putu Ngurah Suyatnayasa I Wayan Wesna Astara, (2017). Pengaruh Kebijakan Bimbingan Teknis Terhadap Kinerja Legislasi Dprd Kabupaten Bangli. Public Inspiration, Jurnal Administrasi Public
Published
2021-08-11
Section
Articles