Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Barsida) Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android

Main Article Content

Rahmat Robi Waliyansyah
Agung Handayanto
Bonifasius Wahyu Setyawan

Abstract

Dalam pembelajaran matematika penggunaan media belajar terutama pada materi bangun ruang sisi datar masih menggunakan media konvensional yang kurang diminati dan dipahami oleh siswa, dari masalah tersebut maka peneliti ingin membuat media dengan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android yang dapat menghasilkan objek 3D dengan tujuan agar siswa dapat memvisualisasikan dan bisa lebih mengerti konsep bangun ruang sisi datar. Aplikasi
bangun ruang sisi datar (BARSIDA) ini dibangun menggunakan beberapa tools yaitu blender, corel, unity 3D dan Vuforia. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan model pengembangan media pembelajaran ADDIE yang tersusun dari 5 langkah, adalah Analysis (Analisis) pada tahap ini data diperoleh dengan melaksanakan wawancara pada pengajar pelajaran matematika di SMP Kanisius Girisonta, Design (Perancangan) dirancang menggunakan Star UML, Development (Pengembangan) ini dibuat dengan aplikasi Unity 2018, Implementation (Implementasi) diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Kanisius Girisonta dan Evaluation (Evaluasi) uji coba yang dipakai pada penelitian ini yaitu pengujian user acceptance test (UAT) & black box untuk mengetahui seberapa besar persentase aplikasi AR ini layak digunakan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSIDA) layak dan dapat digunakan dengan baik oleh siswa SMP Kanisius Girisonta. Saran dari penelitiian ini yaitu dapat dikembangkannya lagi aplikasi BARSIDA pada system IOS atau Windows dan dapat diterapkan di dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah lain.

Article Details

How to Cite
Waliyansyah, R., Handayanto, A., & Setyawan, B. (2020). Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Barsida) Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 1-12. https://doi.org/10.20895/inista.v3i1.131
Section
Articles

References

[1] P. T. Aditya, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII,” J. Mat. Stat. Dan Komputasi, Vol. 15, No. 1, P. 64, 2018.
[2] N. A. Nugroho And A. Ramadhani, “Aplikasi Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Menggunakan Android,” J. Sains Dan Inform., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–5, 2015.
[3] A. Eklesiawati And S. Liliana, “Penggunaan Puzzle Bangun Ruang Untuk Mengembangkan Kemampuan Keruangan,” In Prisma, 2016, Pp. 591–598.
[4] M. Irwan Ukkas, R. Andrea, And D. Deny, “Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,” In Sebatik, 2018, Vol. 3, No. 2, Pp. 12–18.
[5] I. Mustaqim, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., Vol. 13, No. 2, Pp. 174–183, 2016.
[6] K. H. Bagus, A. Buchori, And A. N. Aini, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” J. Pendidik. Mat. Dan Sains, Vol. 6, No. 1, Pp. 61–69, 2018.
[7] L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik., Vol. 21, No. 1, Pp. 59–72, 2018.
[8] A. Subagyo, T. Listyorini, And A. Susanto, “Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality,” In Snatif, 2015, Vol. 2, No. 2, Pp. 29–32.
[9] S. Wardani, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak,” J. Din. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2015.