SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BUNGA HIAS BERBASIS WEB PADA TELAGA FLOWER

Main Article Content

hafid tawakhal tawakhal

Abstract

Telaga Flower berdiri pada tahun 2017, Telaga Flower adalah toko yang bergerak dibidang penjualan bunga hias. Bunga yang diperjualkan mencakup beberapa jenis antara lain melati, mawar, matahari, tulip, anggrek bulan, teratai, alamanda, wijaya kusuma dan lain – lain. Proses penjualannya yaitu mengerjakan bunga pesanan pelanggan dan berjualan di tempat. Dalam melakukan kegiatannya toko ini masih menggunakan proses penjualan melalui media whatsapp pada saat pelanggan ingin memesan bunga hias. Pelanggan masih diharuskan datang ditempat sehingga pelanggan menguras waktu untuk membeli bunga hias tersebut. Cara tersebut sering terjadi suatu kendala yaitu yang bisa mengakses hanya pelangan. Maka sangat dibutuhkan suatu alternatif  untuk memperluas  pasar  atau pelanggan baru. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan pengembangan metode binary search peneliti berharap dapat memudahkan pelanggan dalam mencari produk secara cepat. Hasil yang diperoleh dari sistem infromasi pemesanan dan penjualan bunga hias berbasis web pada telaga flower adalah dengan website sebagai salah satu alternatif untuk melebarkan penjualan yang lebih luas maka peneliti memilih website. Sistem yang dikembangkan mempunyai fitur utama untuk melakukan pencarian sesuai produk. Sistem informasi berjalan pada platform web sehingga dilakukan pengujian usability dan compatibility untuk mengetahui seberapa mudah sistem digunakan. Hasil pengujian usability menghasilkan 75% yang dapat dikategori “Baik”. Selain itu pengujian compatibility bernilai 84,25 % valid.

Article Details

How to Cite
tawakhal, hafid. (2020). SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BUNGA HIAS BERBASIS WEB PADA TELAGA FLOWER. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 36-44. https://doi.org/10.20895/inista.v3i1.151
Section
Articles

References

[1] Sinurat, G. Syahputra and B. 2016. Implementasi Teknik Binary Search Pada Kamus Indonesia - Batak Toba. 2016, Vol. vol. 1.
[2] D. Priyanti and S. Iriani, “Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,” Indones. J.
[3] SORA. 2018. Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya. 2018.
[4] Pal, A. Oommen and C. 2015. Binary search algorithm Codility Limited. 2015, Vol. vol. 1, pp. 1–4.
[5] Himayanti. 2008. Exsplorasi Zahir Accounting+CD. 2008.
[6] Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. 2009.
[7] Adhi, prasetio &. 2014. Buku sakti webmaster. Jakarta : mediaatika, 2014.