Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) (Studi Kasus Sdn Sentul 02)

Main Article Content

DADANG ADIB FANGSURI

Abstract

Penilaian kinerja guru bertujuan untuk melihat hasil kinerja secara kualitas dan kuantitas yang telah dicapai oleh seoarang guru selama melaksankan tugasnya, salah satu kesulitan yang dialami oleh Kepala Sekolah dalam melaksanakan PKG ini adalah sangat rawannya akan terjadinya ketidakobyektifitasan dalam pelaksanaan PKG di SD Negeri Sentul 02 ini yang dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi.


Penelitian ini menggunakan metode Additive Ratio Assessment(ARAS) yang menghasilkan suatu model dari suatu sistem yang mampu memberikan rekomendasi guru tebaik yang diterapkan dalam suatu sistem pendukung keputusan metode Additive Ratio Assessment(ARAS) dalam menentukan peringkat tertinggi berdasarkan 5 kriteria penilaian yaitu Pendagogik, Kepribadian, Sosial, Professional dan tanggungjawab, dari setiap kriteria sudah ditentukan bobot yang telah diatur oleh kepala sekolah.


Pengujian ini dilakukan secara obyektif dimana SPK diuji secara langsung ke lapangan dan mengisi kuisioner mengenai kepuasan dengan beberapa point  dan dibagikan kepada guru, kepala sekolah dan peguji ahli dengan mengambil sample sebanyak 20 orang guru dan 1 penguji ahli. Dengan adanya pengujian ini dapat diketahui bahwa perolehan penilaian baik 55,26% dan penilaian sangat baik 43,55% yang dinyatakan oleh 21 responden, artinya fitur yang telah disediakan mudah dipelajari dan mudah dipahami.

Article Details

How to Cite
FANGSURI, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) (Studi Kasus Sdn Sentul 02). Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 23-35. https://doi.org/10.20895/inista.v3i1.152
Section
Articles

References

[1] Nadeak, A. S. (2019). Penerapan Metode Aras (Additive Ratio Assessment) Dalam Penilaian Guru Terbaik. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks), 571-578.
[2] Syahputra, H., Syahrizal, M., Suginam, Nasution, S. D., & Purba, B. (2019). Spk Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) . Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks), 678-685.
[3] Daihani, D. U. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan : Panduan Langkah Demi Langkah Mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Komputer. Jakarta : Pt. Elex Smedia Komputindo.
[4] Turban E, Aronson, Jay E & Liang, Teng-Ping. 2005. Decission Support Systems And Intelligent Systems Edisi 7 Jilid 2. Yogyakarta: Andi.
[5] Susanto,Hendri.2018. Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot. Majalah Ilmiah INTI
[6] Jogiyanto. 2009. Analisis & Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakrta: Andi.
[7] Anggraini Yayu. 2009. Pemrograman Database Menggunakan Mysql. Yogyakarta : Andi.