Dampak Implementasi Sistem Forlap Ristek Dikti bagi Perguruan Tinggi Telkom (Qualitative Approach)

Main Article Content

ade rahmat iskandar

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk memberikan gambaran dampak dari diimplementasikannya Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dalam istilah kebaruan forlap ristekditi di perguruan-perguruan tinggi Telkom. Penelitian ini dilakukan dengan metode literatur review dan qualitative approach. Qualitative approach dilaksanakan dengan menginterview para rektor perguruan tinggi Telkom di bawah Yayasan Pendidikan Tellkom berkaitan dengan dampak implementasi Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi; berdampak positif atau negatif dengan penggunaan teknologi online secara holistik. Literatur reiview terhadap kajian terhadap Datawarehouse dan era big data yang diterapkan oleh rsitek Dikti dalam mengelola semua data akademik di perguruan tinggi indonesia. Pendekatan qualitatif dilakukan dengan melakukan deep interview terhadap beberap manajemen atas perguruan tinggi telkom yaitu Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Akademi Telkom Jakarta dan Telkom Unversity Bandung. Output dari penelitian adalah berupa penilaian point konversi nilai kuantitative berdasarkan Sodano’s perspective menjadi penilai kualitatif yang diukur secara objektif.

Article Details

How to Cite
iskandar, ade. (2018). Dampak Implementasi Sistem Forlap Ristek Dikti bagi Perguruan Tinggi Telkom (Qualitative Approach). Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 1(1). https://doi.org/10.20895/inista.v1i1.18
Section
Articles

References

[1] A. R. Iskandar, “Readiness For Implementing Data Warehouse of Higher Education System With Sodano ’ s Perspective,” 2016.
[2] R. Kimball and M. Ross, The Datawarehouse Toolkit -The complete guide to dimention modeling. PAck ublisheing, 2010.
[3] A. R. Iskandar and K. Surendro, “Implementation of a Data Warehouse of Higher Education System at Kopertis West Java and Banten Based on Change Management,” 2011.