Simulasi Penghilangan Noise Pada Sinyal Suara Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT)

Main Article Content

Alhamda Adisoka Bimantara
Muhammad Satria Adhi
Danang Priambodo
Hanif Muslim Azhar
Apri Junaidi

Abstract

Perekaman suara biasa dilakukan oleh beberapa orang untuk merekam suara tertentu. suara yang direkam tersebut biasanya memiliki informasi didalamnya yang akan ditujukan atau disampaikan kepada banyak pihak. Namun, terdapat adanya permasalahan yang sering terjadi ketika melakukan perekaman suara, yaitu adalanya noise atau gangguan suara yang menyebabkan kualitas dari hasil perekaman suara kurang baik. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metode Fast Fourier Transform untuk menghilangkan noise yang terdapat pada data suara hasil rekaman. Perhitungan dari metode Fast Fourier Transform digunakan untuk mencari nilai rata-rata dan nilai ambang batas. Selanjutnya menghilangkan nilai yang berada dibawah nilai ambang batas karena dianggap sebagai noise. Hasil dari penelitian ini merupakan menampilkan sebuah grafik yang menunjukkan data suara hasil rekaman sebelum di-filter dan sesudah di-filter

Article Details

How to Cite
Bimantara, A., Adhi, M., Priambodo, D., Azhar, H., & Junaidi, A. (2019). Simulasi Penghilangan Noise Pada Sinyal Suara Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT). Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 1(2), 20-25. https://doi.org/10.20895/inista.v1i2.45
Section
Articles

References

[1] R. Pakpahan, R. D. Atmaja, and S. Saidah, “Audio Watermarking Dengan Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT) Dan Singular Value Decomposition (SVD),” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 2, pp. 2017–2022, 2018.
[2] N. Pradipta, “Implementasi Algoritma FFT (Fast Fourier Transform) Pada Digital Signal processor (DSP) TMS320C542,” Universitas Diponegoro, 2014.
[3] R. Y. Sipasulta, A. S. M. L. St, and S. R. U. A. Sompie, “Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT ( Fast Fourier Transform ),” E-Journal Tek. Telektro dan Komput., pp. 1–9, 2014.
[4] H. Harahap, G. Budiman, and L. Novamizanti, “Implementasi Teknik Watermarking menggunakan FFT dan Spread Spectrum Watermark pada Data Audio Digital,” J. ELKOMIKA, vol. 4, no. 1, 2016.