A Identifying Human Voice Signals Using the Fast Fourier Transform (Fft) Method Based on Matlab Mengidentifikasi Sinyal Suara Manusia Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (Fft) Berbasis Matlab

Main Article Content

Ade Riyani

Abstract

Suara merupakan suatu hal yang unik dan memiliki range frekuensi tertentu dan intensitas suara yang bisa dan tidak bisa didengar oleh manusia. Satuan untuk mengukur intensitas suara tersebut adalah desibel (dB). kurangnya suatu teknologi yang dapat menerapkan pengenalan sinyal suara. Dengan adanya sistem pengenalan suara dapat mempermudah manusia dalam beraktivitas.  Jadi dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengenali karakteristik suara manusia yang nantinya dapat diterapkan dalam suatu aplikasi. Hasil yang didapatkan sistem pengenalan suara juga dapat mengenali suara dengan baik dengan suara yang dimainkan pada nilai frame blocking 16, 32, 64, 128 dan 256. Tingkat pengenalan suara ini turun jika nilai frame blocking yang digunakan dibawah 128.

Article Details

How to Cite
Riyani, A. (2019). A Identifying Human Voice Signals Using the Fast Fourier Transform (Fft) Method Based on Matlab. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 1(2), 42-50. https://doi.org/10.20895/inista.v1i2.52
Section
Articles

References

[1] R. A. L. Sibarani, Identifikasi Sinyal Suara Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT) Berbasis Matlab. 2012.
[2] I. I. Tritoasmoro, L. V. Yovita, F. T. Elektro, and U. Telkom, “Implementasi tuner gitar berbasis fast fourier transform 1110700671,” pp. 0–6, 2011.
[3] T. Akhir and Y. R. Setyawan, “Pengenalan ucapan angka secara real time menggunakan ekstraksi ciri fft dan fungsi similaritas kosinus,” Progr. Stud. Tekik Elektro, Fak. Sains dan Teknol. Univ. Sanata Dharma, 2014.
[4] R. Y. Sipasulta, A. S. M. L. St, and S. R. U. A. Sompie, “Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT ( Fast Fourier Transform ),” E-journal Tek. Elektro dan Komput., pp. 1–9, 2014.
[5] H. Sujadi, I. Sopiandi, and A. Mutaqin, “Sistem Pengolahan Suara Menggunakan Algoritma FFT (Fast Fourier Transform),” Pros. SINTAK, pp. 101–107, 2017.