ANALISA TERHADAP LAYANAN PASIEN PADA DATA WAREHOUSE RSUD DR.R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA MENGGUNAKAN LAPORAN OLAP DENGAN NINE-STEP METHODOLOGY

Main Article Content

Pradika Destarini
Agus Priyanto
Atik Febriani

Abstract

RSUD dr.R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga merupakan salah satu rumah sakit pemerintahan daerah yang sebagai pusat layanan kesehatan di Purbalingga. Setiap hari hampir ratusan pasien yang harus dilayani oleh rumah sakit tersebut, sehingga semakin bertambahnya data kunjungan pasien khususnya rawat inap dan rawat jalan yang harus dikelolapun semakin banyak. Data warehouse sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan dalam proses analisa serta pembuatan laporan yang di butuhkan suatu perusahaan atau instansi pemerintahan pada data dengan jumlah yang banyak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap periode tahun 2013 sampai dengan 2017. Adanya sistem laporan Online Analytical Processing (OLAP) berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pengumpulan data untuk penyajian informasi sesuai dengan kebutuhan pihak rumah sakit. Nine-Step Methodology digunakan dalam penelitian ini sebagai pengembangan data warehouse yang meliputi Pemilihan Proses, Pemilihan Grain,
Identifikasi dan Penyesuaian, Pemilihan Fakta, Penyimpanan Pre-calculation di tabel fakta, Memastikan tabel dimensi, Pemilihan durasi database, Melacak perubahan dimensi secara perlahan, serta Penentuan prioritas dan model query. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini dapat mempercepat dalam penyajian informasi sesuai kebutuhan sehingga mampu memaksimalkan dalam menganalisis informasi tersebut.

Article Details

How to Cite
Destarini, P., Priyanto, A., & Febriani, A. (2019). ANALISA TERHADAP LAYANAN PASIEN PADA DATA WAREHOUSE RSUD DR.R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA MENGGUNAKAN LAPORAN OLAP DENGAN NINE-STEP METHODOLOGY. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 2(1), 20-32. https://doi.org/10.20895/inista.v2i1.84
Section
Articles

References

[1] N. Ardista, “Rancang Bangun Data Warehouse Untuk Pembuatan Laporan dan Analisis pada Data Kunjungan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Airlangga Berbasis Online Analytical Processing ( OLAP ),” Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3no. Data Warehouse, 2017.
[2] T. Suprawoto, E. I. Sela, and S. Windarti, “Prototipe Integrasi Data Morbiditas Pasien Puskesmas ke dalam Data Warehouse dDinas Kesehatan Kabupaten Bantul,” J. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 83–92, 2017.
[3] T. Oktavia, “Perancangan Model Data Warehouse dalam Mendukung Perusahaan Jasa Pengiriman,” semnasIF, no. Model DaWarehouse, pp. 93–100, 2011.
[4] I. P. A. E. Pratama, HANDBOOK DATA WAREHOUSE. 2017.
[5] M. Suzana, Jemakmun, and Suyanto, “Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Rumah Sakit Umum Daerah Palembang Bari,” J. Ilm. Tek. Inform. Ilmu Komput., vol. 12, no. Perancangan Data Warehouse, pp. 1–14, 2013.
[6] A. Supriyatna, “Sistem Analisis Data Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Online Analytical Processing (Olap) Data Warehouse,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. Analisis Data Mahasiswa, pp. 62–71, 2016.
[7] S. Gi and M. D. P. Palembang, “Penerapan Data Warehouse dan Data Mining untuk Pengambilan Keputusan Pemasaran Terhadap Data Penjualan Perusahaan Retail menggunakan Algoritma Apriori,” STMIK MDP Bus. Sch., no. 10, pp. 1–13, 201
[8] N. Caniati, A. L. Ghozali, and A. Sumarudin, “Implementasi Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan dan Minuman pada Kafe Berbasis Web Menggunakan Jaringan Internet,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 8–13, 2017.
[9] D. Priyanti and S. Iriani, “Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,” IJNS, vol. 2, no. 4, pp. 55–61, 2013.
[10] M. JRP, Pentaho : Solusi Open Source untuk Membangun Data Warehouse. 2014.