Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 10-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • Minimum 6 pages for one paper submitted

1. Pendahuluan

Journal of Telecommunication, Electronic and Control Engineering (JTECE) merupakan jurnal saintifik yang dikelola oleh Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektronika (FTTE) dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia. JTECE menerima semua jurnal penelitian pada bidang Telekomunikasi, Elektronika, and Teknik Kendali. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan jurnal penelitian kualitas tinggi untuk masyarakat dan juga untuk meningkatkan produktifitas penelitian saintifik. JTECE dipublikasikan setiap 6 (enam) bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli.

 

2. Pedoman Umum

Pedoman umum untuk penulisan pada JTECE adalah sebagai berikut:

  • 1. Ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • 2. Panjang naskah yang diserahkan setidaknya sebanyak 6 halaman dan tidak boleh lebih dari 10 halaman. Jika halaman lebih dari 10 maka akan dikenakan biaya tambahan per-lembarnya
  • 4. Nahkah harus memiliki setidaknya 10 referensi dengan 60% berasal dari artikel penelitian (baik Jurnal Nasional/Internasional dan/atau Publikasi Konferensi atau Seminar Internasional Bereputasi)

 

3. Pedoman untuk isi Naskah

Artikel ilmiah yang akan dipublikasikan di dalam Jurnal JTECE harus mengikuti peraturan penulisan pada badan naskah. Peraturan berikut mengikuti pola IMRAD (Pendahuluan, Metodologi, Hasil, Analisa, dan Diskusi) dengan menambahkan di bagian akhir adalah kesimpulan. 


Judul : Judul harus ringkas dan menunjukkan identitas dari subjek, tujuan penelitian, dan kata kunci.
Nama Penulis : Nama penulis tanpa jabatan akademik dan tidak didahului oleh kata "ditulis oleh", diurutkan dari kiri ke kanan (penulis satu hingga penulis selanjutnya), dan diikuti dengan nama institusi, alamat institusi, dan kontak email korespondensi.
Abstraksi : Abstraksi harus menjelaskan keseluruhan konten artikel dengan maksimal 250 kata. Tidak diperkenankan merujuk pada gambar dan tabel. Ditulis secara lugas, ringkas, dan harus disertakan:

  • Latar Belakang (opsional, satu atau dua kalimat)
  • Tujuan Penelitian
  • Metodologi
  • Hasil
  • Kesimpulan

Kata Kunci : Gunakan kata kunci yang dapat mendeskripsikan konten artikel. Ditulis dalam 3 sampai 5 kata. 

Pendahuluan : Pada dasarnya, pendahuluan menyediakan latar belakang umum penelitian, tinjauan pustaka (state of the art), originalitas penelitian (analisi gap), dan tujuan penelitian. Pada tinjauan pustaka, setidaknya ada lima artikel yang diulas secara singkat yang dapat membenarkan pembaharuan dari penelitian. 

Metodologi : Pada bab metodologi, menyajikan ringkasan dari metode yang digunakan, seperti subjek yang dipelajari, alat dan material yang digunakan, model atau perancangan yang digunakan, teknik sampling, variabel yang diukur, model analisa dan statistika yang digunakan, dan lain sebagainya.

Hasil : Pada bab hasil berisikan presentasi hasil penelitian yang dapat diilustrasikan menggunakan tabel atau grafik atau gambar untuk menjelaskan presentasi hasil secara verbal. Data yang ditampilkan adalah data yang sudah diproses, bukan data mentah. 

Diskusi : Materi Diskusi utamanya berisikan terkait, apakah hasilnya konsistem atau tidak dengan hipotesis, dan mengedepankan argumen.

Kesimpulan : Tuliskan kesimpulan dari penelitian yang telah dikerjakan dan karya masa depan yang dapat dilakukan. Kesimpulan harus menjawab tujuan dari penelitian atau hipotesis. Tulis kesimpulan secara singkat dan jelas. Jangan lakukan diskusi atau pembahasan lagi pada kesimpulan. Jangan gunakan bullet and numbering.  

 

4. Pedoman untuk Sitasi dan Referensi

Gaya penulisan referensi dan sitasi yang digunakan pada Jurnal JTECE adalah menggunakan IEEE style. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley, EndNote, Zotero dan lain sebagainya.