Performansi EOIP-PPTP dengan EOIP-L2TP pada Router Mikrotik

Main Article Content

Bongga Arifwidodo
Zabellnur Zabellnur

Abstract

Router berfungsi melewatkan paket Internet Protocol (IP) dari suatu jaringan yang berbeda, dengan metode pengalamatan serta protokol tertentu agar bisa melewatkan suatu paket data. Suatu topologi jaringan untuk mengirimkan sebuah data digunakan berbagai protocol seperti PPTP (Point to Point Tunneling Protocol), L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol), dan EoIP (Ethernet over Internet Protocol). Dimana Protokol ini digunakan sebagai keamanan data yang akan di kirim maupun diterima. Metode tunneling adalah suatu teknologi yang ditugaskan untuk menangani hingga menyediakan koneksi point to point dari sumber tujuannya. Tunnel ini menggunakan EoIP Tunnel antara PPTP maupun L2TP dalam jaringan untuk memproses pengiriman data, maka dari itu penelitian ini akan membandingkan kinerja PPTP dengan L2TP pada router mikrotik. Pada penelitian ini dilakukan uji coba untuk mengetahui seberapa baik layanan file sharing dengan jaringan PPTP dan L2TP dengan Tunnel EoIP, kemudian dianalisa parameter QoS. Pengujian menggunakan 3 skenario pada layanan file sharing sebesar 5MB, 10MB, dan 15MB. Hasil layanan file sharing PPTP dan L2TP yang termasuk kategori sangat bagus menurut standarisasi TIPHON adalah L2TP. Untuk nilai packet loss yang digunakan pada layanan file sharing L2TP lebih baik dari PPTP. Terlihat nilai packet loss yang didapat pada variasi 15 Mbps sekitar 0 - 1% dibandingkan PPTP dengan packet loss sekitar 17%.

Article Details

How to Cite
Arifwidodo, B., & Zabellnur, Z. (2020). Performansi EOIP-PPTP dengan EOIP-L2TP pada Router Mikrotik. Journal of Telecommunication Electronics and Control Engineering (JTECE), 2(1), 01-07. https://doi.org/10.20895/jtece.v2i1.104
Section
Articles

References

[1] D. Cahyadi, “Pemanfaatan Fitur Tunneling Menggunakan Virtual Interface EoIP di MikrotikRouterOS Untuk Koneksi Bridging Antar Kantor Melalui Jaringan ADSL Telkom Speedy,” J. Inform. Mulawarman, vol. 5, no. Fitur Tunnling, pp. 50–54, 2010.

[2] H. Kuswanto and T. Informatika, “Implementasi Jaringan Virtual Private Network ( VPN ) Menggunakan Protokol EoIP,” vol. 19, no. 1. pp. 46–51, 2017.

[3] S. Kasus and D. Kabupaten, “Analisis Jaringan VPN Menggunakan PPTP dan L2TP,” vol. 9, no. 3, pp. 265–270, 2017.t

[4] B. A. Forouzan, Data Communications and Networking, Fourth Editi, 4th ed. 2007.

[5] S. S. STMIK AKBA, "Konsep Routing," Jaringan Komputer, p. 1.

[6] “Internetworking Technology Handbook,” 2005.

[7] “Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS),” Etsi, 1999.

[8] O. W. Purbo; “Virtual Private Network (VPN) sebagai alternatif Komunikasi Data Pada Jaringan Skala Luas (WAN),” 2015.