Analisis Utilisasi Bandwidth dan Power pada Modulasi QPSK Transponder Extended C-Band Transmisi Loopback pada Satelit Telkom 3S

Main Article Content

Intan Rizqiyani Nur Faizah
Imam Muhammadi Pradono Budi

Abstract

Sistem komunikasi satelit memiliki jangkauan yang sangat luas. Bandwidth dan power merupakan sumber daya yang terbatas dan mahal sehingga diperlukan adanya optimalisasi utilisasi bandwidth dan power, kondisi optimalisasi adalah apabila perbandingan persentase jumlah carrier bandwidth dan power 1:1. Kondisi optimalisasi dipengaruhi  oleh perhitungan link budget, penggunaan modulasi yang tepat dan pengaturan FEC. Teknik modulasi QPSK, dengan FEC yang digunakan adalah ¾, 7/8, dan 0,93 menggunakan antena Hub 9 m dan VSAT SCPC berdiameter 2,4 m dan data rate sebesar 1024 kbps. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil perbandingan jumlah carrier bandwidth dan jumlah carrier power pada modulasi QPSK yang paling baik untuk digunakan adalah pada FEC 0,93 sekalipun belum mencapai kondisi optimalisasi dengan nilai persentase yang dihasilkan sebesar 65,7 %. Sedangkan, FEC yang paling buruk untuk digunaan adalah FEC ¾ dengan hasil persentase sebesar 52,2 %.

Article Details

How to Cite
Nur Faizah, I., & Budi, I. (2021). Analisis Utilisasi Bandwidth dan Power pada Modulasi QPSK Transponder Extended C-Band Transmisi Loopback pada Satelit Telkom 3S. Journal of Telecommunication Electronics and Control Engineering (JTECE), 2(2), 62 - 68. https://doi.org/10.20895/jtece.v2i2.114
Section
Articles

References

[1] V. Rosana, “Analisis Kinerja Sistem Komunikasi Satelit Telkom-2 pada Tingkat Modulasi BPSK, QPSK, 8PSK, dan 16QAM,” Universitas Telkom, Bandung, 2007.
[2] A. A. Situmeang, “Analisa Performansi Sistem Komunikasi Satelit Chinasat-11 pada Tingkat Mdulasi BPSK, QPSK, 8PSK dan 16 QAM,” Institut Teknologi Telkom Purwokerto, 2017.
[3] S. Ariyanti and B. A. Purwanto, “Analisis kinerja penggunaan modulasi QPSK, 8PSK, 16QAM pada satelit Telkom-1,” Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 11, no. 1, p. 45, 2015.
[4] D. Pratiwi and M. Gafar, “Pengaruh Perubahan Modulasi Terhadap Bandwidth Dan Kualitas Link Sistem Komunikasi Satelit,” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 25, no. 2, pp. 47–53, 2018.
[5] louis j. Ippolito Jr., Satellite Communications Systems Engineering: Atmospheric Effects, Satellite Link Design and System Performance, 2nd Edition, 2nd ed. Washington DC: John Wiley & Sons, Inc., 2017.
[6] G. Jonathan and C. Y. Marpaung, “Pengaturan Level Sistem SCPC-FM untuk Memperoleh Performansi yang Baik dalam Sistem Komunikasi Satelit,” Bandung.

Most read articles by the same author(s)