A APLIKASI PEMANDU PENCARIAN RUANGAN IT TELKOM PURWOKERTO MENGGUNAKAN METODE GREEDY TELKOM PURWOKERTO IT ROOM SEARCH GUIDE APPLICATION USING GREEDY METHOD
Main Article Content
Abstract
Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia merupakan
perguruan tinggi yang unggul ditingkat nasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi
yang berfokus pada bidang digital. ITTP memiliki beberapa gedung diantaranya 1 Gedung DC, 1 Gedung IOT, 1 Gedung
TT dan 1 Gedung Rektorat, 2 Kantin, 1 Lab Industri, 3 Parkiran. Serta terbatasnya media informasi yang berada disuatu
bangunan gedung, biasanya sistem layanan informasi pada umumnya berbentuk pos-pos yang dijaga oleh petugas namun
petugas tidak selalu berjaga pada pos, karena petugas pada waktu tertentu berpatroli di area gedung kampus. Sehingga
sering kali menyulitkan pengunjung yang baru pertama kali datang ke gedung ITTP untuk mencari sebuah lokasi ruangan
dan rute untuk menuju lokasi ruangan. Pada penelitian ini penulis menggunakan Algoritma Greedy, yaitu algoritma yang
memecahkan suatu masalah, langkah demi langkah dan merupakan salah satu metode dalam masalah optimasi yang dapat
diterapkan pada aplikasi pemandu pencarian ruangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi
pemandu pencarian ruangan yang dapat digunakan oleh pengunjung.
Kata kunci: Algoritma Greedy, Lokasi, Pengguna IT Telkom Purwokerto
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Service ( LSB ) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Sisfotek Global, 7(2),
27–33.
Ardana, D., & Saputra, R. (2016). Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans
Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer, 2(Snik), 299–306.
Augustia, A. E. (2018). Perancangan aplikasi pemandu wisata kebudayaan kota padang berbasis android.
STMIK Nusa Mandiri, 1(1), 1–69.
Ayu Fadhilah, Riki Ruli, R. (2019). Penanganan Gangguan Listrik Rumah Tangga Menggunakan Algoritma
Greedy Untuk Penentuan jarak Optimal. Teknologia, 2(1), 1–21.
Budiman, H. (2017). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.
Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 25–30. https://doi.org/10.6027/9789289336048-6-da
Burhanuddin, A., Teknik, P., Universitas, I., Magelang, M., & Pendahuluan, A. (2019). Pengiriman Darah Di
Pmi Kota Semarang Dengan. Kotika (Komputasi Dan Informatika, 2(2), 136–142.
Hayati, E. N., & Yohanes, A. (2014). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Greedy. Seminar
Nasional IENACO, 1(1), 2337–4349.
Kadir, A. (2013). Pemprograman Aplikasi Android. In Maya (Ed.), Andi Offser (1st ed.). Andi Offser.
Lorena, S., Ginting, B., Ahmad, Y., & Saputra, G. (2017). Pemanfaatan Teknologi LBS dan Penerapan
Teknologi Augmented Reality Pada Pembangunan Aplikasi Denah Petunjuk Ruangan ( Studi Kasus :
Unikom Bandung ) The Use of LBS Technology and The Application of Augmented Reality
Technology in The Development of Room. SAINTIKS FTIK UNIKOM, 1(1), 1–9.
https://repository.unikom.ac.id/54645/
Mendel, B. H. (2018). APLIKASI PEMBUATAN JADWAL SIDANG KERJA PRAKTEK, PRA SIDANG, DAN
SKRIPSI DENGAN ALGORITMA GREEDY SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INDONESIA
TANJUNGPINANG. 7(Vol 7 No 1 (2018): Bulan Maret 2018), 1–9.
Permana, D. Y., Handojo, A., & Andjarwirawan, J. (2013). Aplikasi Indoor Positioning System Menggunakan
Android dan Wireless Local Area Network Dengan Metode Fuzzy Logic Indoor Positioning System.
INFRA, 1(1), 1–7.
Rais, A., & Yuliansyah, H. (2015). Apikasi Pemandu Museum Gunungapi Merapi (Mgm) Dengan Konsep
Layanan Berbasis Lokasi Dalam Ruangan Menggunakan Qr Code. Jurnal Informatika, 9(2), 1–11.
https://doi.org/10.26555/jifo.v9i2.a2964
Surveying, J., & Geodesi, D. a N. (2018). Beberapa Perkiran Tentang Sistem dan Kerangka Referensi
Koordinat Untuk DKI Jakarta. Analysis, 1(3), 45–47.