Analisis Efektifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang. Baik itu di bidang pendidikan, sosial ekonomi, hingga sosial sosial budaya di masyarakat. Pada bidang pendidikan, pembelajaran secara tatap muka langsung tidak dapat dilaksanakan untuk mencegah persebaran virus tersebut. Sehingga, penggunaan Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet menjadi solusi sebagai multimedia interaktif dalam pembelajaran online di masa pandemi. Meskipun demikian, penggunaan media tersebut menimbulkan permasalahan baru dikarenakan tidak semua mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran online dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan ketidakhadiran sebagian mahasiswa ketika pembelajaran berlangsung, keterlambatan mahasiswa saat pengumpulan tugas serta menurunnya IPK sejumlah mahasiswa. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai multimedia interaktif pembelajaran online di masa pandemi. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, studi pustaka dan wawancara terhadap sejumlah mahasiswa serta tenaga pendidik pengguna aplikasi Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet. Studi kasus dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen dari 5 Universitas yang berbeda-beda. Analisa data dilakukan dengan teknik triangulasi menggunakan teori efektifitas dan teori pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet mampu menjadi multimedia interaktif pembelajaran online di masa pandemi Covid-19.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
[2] Fauzi, W. N., & Munastiwi, E. 2020., Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman, el-HIKMAH 14 (2), pp. 171-186.
[3] Baskara, B. (2020, 04 18). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Retrieved 04 25, 2021, from www.kompas.com: https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaianperistiwa-pertama-covid-19/
[4] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, (2012).
[5] Arikunto, S, “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Bina Aksara, (1989).
[6] Amirullah, & Hanafi, R., “Pengantar Manajemen”, Yogyakarta: Graha Ilmu, (2002).
[7] Komarudin. “Ensiklopedia Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah”, Jakarta: Gunung Agung, (1994).
[8] Sari, H. P. (2021, April 29). UPDATE: Bertambah 5.833 Orang, Kasus Covid-19 Indonesia Kini 1.662.868. Retrieved April 29, 2021, from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/29/16415831/update-bertambah-5833-orang-kasus-covid-19-indonesia-kini-1662868
[9] Laksana, T. G., & Jana, E. H. 2012. Aplikasi E-Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Talaga, Kab. Cirebon. Jurnal Online ICT 1 (December), pp. 36-45.
[10] Kosasi, S. 2015. Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Jurnal Informatika, pp. 82-88.
[11] Baldwin, S., Ching, Y. H., & Hsu, Y. C. 2018. Online Course Design in Higher Education: A Review of National and Statewide Evaluation Instrument. Tech Trends 62 (1), pp. 46-57.
[12] Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. 2019. Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 2 no. 3, pp. 224-229.
[13] Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Vol. 2 no. 2, pp. 30-46.
[14] Mendikbud. (2020). Patent No. Permendikbud No 04 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 88 Tahun 2014 Tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum.
[15] Kurniawati, I. D., & Nita, S. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Mneingkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology Vol. 1 no. 2, pp. 68-75.