Prototype Real-Time Monitoring System Bus Trans Jateng Berbasis Android untuk Informasi Waktu Kedatangan Bus di Halte

Main Article Content

Felia Citra Dwiyani Putri Rosyadi
Yudha Saintika
Yoso Adi Setyoko

Abstract

Pada tahun 2018 Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo me-launching moda transportasi modern berupa bus Trans Jateng yang beroperasi di rute Purwokerto-Purbalingga dan sebaliknya. Pihak pelayanan bus Trans Jateng telah mengeluarkan aplikasi Bus Trans Jateng yang bernama “Si Anteng”. Namun, berdasarkan hasil launching pada tanggal 7 Maret 2021, aplikasi tersebut belum dilengkapi notifikasi ketika bus telah tiba di halte, dan ketika pengguna memilih bus terdekat, pengguna tidak dapat memantau pergerakan bus. Faktor belum adanya jalur khusus Trans Jateng mengakibatkan sering terganggunya perjalanan bus Trans Jateng dengan kendaraan lain seperti kemacetan lalu lintas, dan faktor lainnya seperti kerusakan armada di jalan menjadi penyebab kedatangan bus Trans Jateng di halte seringkali tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak BRT. Sehubungan dengan masalah tersebut, peneliti membuat sebuah sistem dan alat untuk monitoring bus Trans Jateng dengan metode GPS tracking. Pada sistem ini menggunakan mikrokontroler Arduino uno dan Modul SIM808 untuk menerima data GPS dan dapat diakses melalui aplikasi android. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan dengan metode prototyping diperoleh hasil uji black box menyatakan sebesar 93,8% apliksi berjalan sesuai fungsinya, dan berdarkan hasil uji keakuratan diperoleh perbandingan waktu terlama aplikasi monitoring bus Trans Jateng memunculkan notifikasi setelah bus Trans Jateng tiba di halte yaitu 16 detik, dan waktu tercepat 5 detik, serta rata-rata dari setiap rute diantaranya rute Purwokerto-Purbalingga sebesar 10 detik, dan pada rute Purbalingga-Purwokerto sebesar 9 detik. Dengan menggunakan sistem monitoring ini dapat mengefesiensikan waktu tunggu, serta dapat memotivasi masyarakat agar memilih untuk menggunakan transportasi umum.

Article Details

How to Cite
Putri Rosyadi, F. C. D., Saintika, Y., & Adi Setyoko, Y. (2021). Prototype Real-Time Monitoring System Bus Trans Jateng Berbasis Android untuk Informasi Waktu Kedatangan Bus di Halte. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 3(2), 30-42. https://doi.org/10.20895/inista.v3i2.252
Section
Articles

References

[1] H. Jateng, “Groundbreaking, Bandara Jendral Soedirman Diharapkan Dongkrak Investasi Jateng.,” 2018. .
[2] W. Nugraha and M. Syarif, “Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 94–101, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i2.331.
[3] Y. D. P. Junaidi, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino. Bandar Lampung: AURA, 2018.
[4] S. Alfeno, R. Eka, C. Devi, D. S. Raharja, and A. S. Raharja, “Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek,” vol. 7, no. 2, 2017.
[5] M. D. Falih, D. N. Ramadan, and U. Telkom, “Implementasi Layanan Gprs Dengan Osmocom Bts di Fakultas Ilmu Terapan,” vol. 6, no. 1, pp. 513–521, 2020.
[6] R. R. Irawan, “Prototipe Pemberitahuan Lokasi Koordinat Darurat Menggunakan GPS dan Pulse Sensor Berbasis Arduino dan SMS,” 2018.
[7] B. Maftukhah, “Analisis Dan Implementasi Rumus Haversine Dalam Penentuan Arah Kiblat Di Indonesia Menggunakan Trigonometri Sphiral,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.
[8] F. Aming, “Aplikasi Toursharing Menggunakan Algoritma Haversine Di Wilayah Toraja,” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.