A Prototype Detects Regional Songs as Educational Media Using the Google Speech API Prototype Deteksi Lagu Daerah Sebagai Media Edukasi Menggunakan Google Speech API
Main Article Content
Abstract
Salah satu upaya melestarikan budaya Indonesia dengan mengenalkan lagu-lagu daerah kepada anak-anak sejak dini. Telah banyak media edukasi untuk mengenalkan lau-lagu daerah, dimulai dari mainan bersuara sampai game offline atau online. Penelitian ini bertujuan mengenalkan kumpulan lagu-lagu yang diambil dari kekayaan pulau-pulau di Indonesia (lagu daerah). Dengan sistem ini pengguna dapat menikmati lagu-lagu daerah sekaligus menambah pengetahuan dengan menebak nada yang didengar dengan judul lagu yang sesuai. Ketika pengguna menyanyikan salah satu lagu daerah sistem akan melanjutkan lagu tersebut dan memberikan informasi mengenai judul lagu dan lirik dari lagu tersebut. Sehingga, sistem ini dapat memberikan pengetahuan bukan hanya mengenalkan lagu daerah bahkan penguna dapat mengetahui lirik dari lagu tersebut bertujuan agar pengguna dapat menikmati lagu sambil bernyanyi.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
[2] A. Setiawan, H. Surjayana, Rusbandi, dan A. Farisi, “Rancang Bangun Edugame The World Of Word Berbasis Unity 3D Dengan Implementasi Speech Recognition,” STMIK GI MDP, no. x.
[3] A. F. Setiawan, “Text To Speech Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dhipone Concatenation,” SENIATI, pp. 37–42, 2016.
[4] Ardiansyah and POpy Meilina, “Klasifikasi Genre Musik Menggunakan Metode Support Vector Machine,” Univ. Mercubuana.
[5] A. Purnomo, R. Hartono, B. K. Riasti, dan I. N. Hidayah, “Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia,” vol. 7, no. 2, pp. 527–536, 2016.
[6] R. S. N. Pandu, B. Hidayat, dan G. Budiman, “Pengenalan Suara Nyanyian Untuk Deteksi Lagu Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Selt Organizing MAP,” 2012.
[7] Bagus Auditiakusuma, “Rancang Bangun Pembuatan Aplikasi Sampling Frekuensi File Audio Menggunakan Metode Filter FIR (Finite Imppulse Response),” 2011.