Penentuan Strategi Promosi UMKM Fashion dan Souvenir dengan Metode Market Basket Analysis
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Sebagian besar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mengalami tren penurunan penjualan selama pandemi Covid-19. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI) terhadap 6.000 UMKM yang tersebar diseluruh Indonesia dengan periode April-Mei 2020, sebanyak 92,5% UMKM mengalami penurunan penjualan 60-100%. Tujuan penelitian ini adalah mengupayakan peningkatan penjualan melalui strategi promosi bundling yang sesuai dengan perilaku pembelian konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah Market Basket Analysis. Adapun tahapannya terdiri dari Data Collection, Pre-Processing, Transformation dan Interpretation. Studi kasus penelitian ini adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang fashion dan souvenir di Kota Serang. Data yang digunakan adalah data penjualan dari tahun 2020 – 2021. Hasil penelitian didapatkan bahwa algoritma apriori dapat digunakan untuk strategi bundling pada toko helianthe(dot)project. Dengan nilai confidence > 0,9, nilai support > 0,9, dan nilai lift ratio > 1 diperoleh strategi bundling yang terpilih, yaitu 3 kombinasi yang berisi 2 item produk dan 1 kombinasi yang berisi 3 item produk.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
[2] E. Catriana, “Ini Sejumlah Faktor yang menyebabkan Bisnis UMKM Merosot Selama Pandemi,” 2020.
[3] A. Setiawan and R. Mulyanti, “Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy,” JUITA J. Inform., vol. 8, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.30595/juita.v8i1.4550.
[4] Maesaroh, “Lebih dari 50% UMKM Tutup Selama PPKM, Bisnis Pakaian Paling Terpukul,” 2021.
[5] M. G. Syailendra, “Sistem Informasi Penjualan dengan Rekomendasi Promosi Product Bundling menggunakan Algorita Frequent Pattern-Growth,” 2019, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/38896/.
[6] Dedy Ansari, D. Amanah, M. Gunarto, F. Ekonomi, and U. Wr, “Journal of Applied Business Administration PENGARUH DYNAMIC PRICING AND DYNAMIC BUNDLING TERHADAP,” no. Maret, 2021.
[7] S. Adinugroho and Y. A. Sari, Implementasi Data Mining Menggunakan Weka. Malang: UB Press, 2018.
[8] E. Yulianto and H. Heryanto, “Rancang Bangun Perangkat Lunak E-Commerce Menggunakan Metode Market Basket Analysis,” Media Inform., vol. 18, no. 1, pp. 19–36, 2019, doi: 10.37595/mediainfo.v18i1.22.
[9] F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20, 2018, doi: 10.33558/piksel.v6i1.1390.
[10] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[11] A. K. Fauziyyah, “Market Base Analysis Pada Bisnis Dropship dengan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Product Bundling Berbasis R,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 2, no. 1, pp. 25–31, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI/article/view/967.
[12] H. I. Pohan and B. Siswanto, “Penerapan Association Rule Mining Pada Rekomendasi Bundling Produk Minimarket Menggunakan Oracle Data Miner,” J. Komput. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 154–159, 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5145.
[13] R. R. Herianty, Lasut,Desiyanna dan Oprasto, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store,” J. Algor, vol. 2, no. October, pp. 40–47, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/454/262.
[14] T. Y. Prawira, S. Sunardi, and A. Fadlil, “Market Basket Analysis To Identify Stock Handling Patterns & Item Arrangement Patterns Using Apriori Algorithms,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 33–41, 2020, doi: 10.23917/khif.v6i1.8628.