https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/issue/feed Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED) 2024-08-29T15:43:23+08:00 Novian Adi Prasetyo, S.Kom., M.Kom novian@ittelkom-pwt.ac.id Open Journal Systems <p><em>Journal of Software Engineering and Multimedia</em> (JASMED) is a peer-reviewed scientific journal published by Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) and managed by the Software and Multimedia Engineering Expertise Group. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the outstanding latest developments in the fields of Informatics, Information Systems, Software Engineering, Multimedia and Applications with ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221215281431055" target="_blank" rel="noopener">3025-6372</a>. <em>Journal of Software Engineering and Multimedia</em> (JASMED) &nbsp;<span class="Y2IQFc" lang="en">published twice a year between <strong>January - June</strong>, and <strong>July - December</strong>&nbsp;with the scope and focus of research</span></p> https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1211 Analisis Usability Testing Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Pada Website PKL ITTP 2024-08-05T14:40:39+08:00 Salsabila Firda Yunita 19102188@ittelkom-pwt.ac.id Trihastuti Yuniati trihastuti@ittelkom-pwt.ac.id <p>Salah satu perkembangan teknologi internet yang paling umum digunakan saat ini adalah <em>website</em>. <em>Website</em> berperan sebagai media untuk menyebarkan informasi secara luas dan menyeluruh, memastikan bahwa informasi dapat sampai ke banyak orang dengan mudah. Contohnya pada Institut Teknologi Telkom Purwokerto untuk menyampaikan informasi dan mengolah data mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL. <em>Website</em> yang baik harus dapat diakses secara mudah dan cepat karena mengutamakan kemudahan pengguna sehingga tidak menyebabkan kesulitan. Oleh karena itu kemudahan pengguna menjadi prioritas utama dalam pengembangan sebuah <em>website</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis <em>usability testing</em> pada website PKL Informatika ITTP dan memberikan rekomendasi perbaikan dari kendala yang dialami oleh <em>user</em>. Penelitian akan menggunakan metode cognitive walkthrough dan aspek usability yang diuji adalah <em>learnability, effectiviness</em>, dan <em>efficiency</em>. Berdasarkan analisis yang dilakukan penelitian ini menghasilkan presentase <em>learnability</em> sebesar 100% karena seluruh skenario tugas dapat diselesaikan oleh seluruh responden, <em>effectiviness </em>yang baik karena tidak ada kesalahan saat pengerjaan skenario tugas dan <em>efficiency </em>&nbsp;dengan rata-rata waktu yang dihabiskan 16,6 detik serta terdapat 5 rekomendasi perbaikan, 3 diantaranya merupakan perbaikan sistem dan 2 rekomendasi lagi adalah perbaikan <em>user interface</em>.</p> 2024-05-08T14:29:19+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1235 Rancang Bangun Sistem Infromasi Tracer Study Berbasis Website Menggunakan Metode SCRUM (Studi Kasus: Institut Tekologi Telkom Purwokerto) 2024-07-01T00:50:11+08:00 Reza Irfan Wijaya 19102149@ittelkom-pwt.ac.id Muhammad Lulu Latif Usman lulu@ittelkom-pwt.ac.id Fahrudin Mukti Wibowo hi200015@siswa.uthm.edu.my Muhamad Azrino Gustalika azrino@ittelkom-pwt.ac.id <p><em>Tracer Study </em>merupakan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk menggumpulkan data alumni yang pada umumnya dilakukan setiap satu sampai tiga tahun sekali dengan tujuan untuk mengetahui profil kerja alumni sehingga didapatkan kesesuaian ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi dengan dunia kerja yang digunakan sebagai evaluasi kurikulum dan prestasi perguruan tinggi. Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah melakukan kegiatan <em>tracer study</em> namun media yang digunakan masih berupa google form dan <em>report </em>dari hasil pendataan dan pelacakan masih berupa <em>file</em> excel maupun pdf yang belum dilengkapi dengan demografi sehingga sulit untuk dipahami dan tidak begitu informatif. Tak hanya itu penyimpanan data hasil <em>tracer study </em>masih dalam bentuk <em>file </em>excel sehingga sangat rentan terhapus dan sulit untuk membuat <em>report</em> data yang dinamis dan <em>real time</em>. Oleh karena itu untuk mengatasi kendala yang terjadi, Institut Teknologi Telkom Purwokerto membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu kegiatan <em>tracer study </em>menjadi lebih dinamis dengan menggunakan <em>website</em>. Sistem informasi ini dibangun menggunakan metode <em>scrum </em>dengan bahasa pemrograman golang dan javascript serta <em>library </em>reactjs dan <em>framework </em>gin. Pengujian yang dilakukan pada sistem menggunakan metode <em>blackbox testing </em>dengan hasil diperoleh validasi sebesar 100% yang menandakan bahwa sistem telah lolos semua skenario.</p> 2024-06-07T15:32:56+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1458 Rancang Bangun E-Course Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype Dengan Laravel 10 2024-08-05T14:43:43+08:00 Saeful Mu’minin saeful2026027@email.com Mohammad Reza Fahlevi rezafah@unusia.ac.id <p>Ditengah kemajuan teknologi saat ini telah mengubah pandangan tentang konsep pembelajaran diseluruh institusi pendidikan secara signifikan tidak hanya di Indonesia, bahkan dunia. Hal ini dialami pula oleh Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA). Kegiatan belajar yang selama ini dilakukan dengan metode hybrid, yang menggabungkan komponen <em>online</em> dan offline harus dilakukan penambahan konsep pembelajaran yakni dengan menggunakan pembelajaran media elektronik atau <em>e-learning</em> Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa dalam memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran tanpa terikat oleh batasan waktu, kurikulum, atau kendala geografis. <em>E-learning</em> atau pembelajaran elektronik dengan sistem <em>e-course</em> menjadi solusi penting dalam meningkatkan kualitas dan pengalaman belajar. Sistem <em>e-course</em> untuk menyampaikan materi pembelajaran yang lebih spesifik dan terfokus pada suatu bidang atau keterampilan tertentu. Oleh karena itu, dibangunlah sebuah sistem <em>e-course</em> menggunakan framework Laravel dengan pendekatan pengembangan sistem prototype . Model prototipe adalah suatu metode pengembangan sistem yang secara langsung memasukkan hasil analisis suatu bagian dari suatu sistem ke dalam suatu model tanpa menunggu keseluruhan sistem selesai. Metode prototype mempercepat proses perancangan sistem <em>e-course</em>. Penelitian ini menghasilkan sistem <em>e-course </em>yang memungkinkan akses fleksibel terhadap materi pembelajaran, pengaturan waktu belajar yang sesuai kebutuhan, serta mengatasi hambatan geografis dan keterbatasan waktu melalui sebuah platform <em>website</em>.</p> 2024-06-30T15:04:26+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1233 Evaluasi Usability dan Redesign Website SMA Negeri 1 Purwokerto Menggunakan Metode User Centered Design 2024-08-29T15:35:13+08:00 Lizamuddin Al Hasan 19102297@ittelkom-pwt.ac.id Abednego Dwi Septiadi abednego@ittelkom-pwt.ac.id <p><strong>Perkembangan teknologi pada saat ini berubah menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi telah merangkap ke berbagai aspek kehidupan, seperti aspek komunikasi dan informasi. Bebarengan dengan berkembanganya teknologi, <em>website</em> juga semakin berkembang pesat. Perkembangan <em>website</em> dimanfaatkan dengan baik personal indivdu ataupun satuan lembaga. Salah satu lembaga yang memanfaatkan perkembangan <em>website</em> adalah lembaga pendidikan, salah satunya SMA Negeri 1 Purwokerto, yang memanfaatkan <em>website</em> sebagai media penyebaran informasi akademik. Namun dalam penerapannya, <em>website</em> tersebut masih belum optimal dan belum pernah dilakukan uji <em>usability</em> sebelumnya dan tampilan pada <em>website</em> tersebut perlu untuk ditingkatkan agar lebih menarik. Pada penelitian kali ini akan dilaksanakan pengujian <em>usabilitiy</em> memakai metode <em>System Usabillity Scale</em> dengan tujuan mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam memakai <em>website</em> tersebut dan <em>redesign</em> tampilan <em>website</em> menggunnakan metode <em>User-Centered Design</em>. <em>Outpu</em>t dari penelitian ini berupa nilai usability pada <em>website</em> SMA Negeri 1 Purwokerto dan rekomendasi desain tampilan <em>website</em>. Hasil dari evaluasi <em>usability website</em> SMA Negeri 1 Purwokerto yaitu 61,8. Kemudian dari hasil tersebut dilakukan perancangan ulang menggunakan metode UCD dan melalui tahap iterasi untuk mendapatkan desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Setelah mendapatkan desain yang sesuai, desain tersebut kemudian dievaluasi lagi menggunakan metode SUS dan mendapatkan skor 74,6 yang menunjukan <em>website</em> ini berada dalam kategori “<em>acceptable”</em> dalam <em>acceptability ranges</em>, dalam <em>grade scale</em> berkategori “C”, dan dalam <em>adjective rating</em> mendapatkan nilai “<em>good”</em>.</strong></p> 2024-07-31T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1344 Analisis Implementasi Pemerintahan Berbasis Elektronik ( E – Government ) Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros 2024-08-29T15:43:23+08:00 Uswatun Hasanah uthasanah24@gmail.com Muh Fadli Fauzi Sahlan fadli.fauzi@universitasbosowa.ac.id Abdillah SAS abdillah.sas@universitasbosowa.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi telah memiliki dampak signifikan pada perkembangan e-Government. Beberapa perkembangan teknologi informasi yang mempengaruhi e-Government yaitu Penyebaran internet di seluruh dunia telah memungkinkan akses mudah dan cepat ke informasi dan layanan pemerintah. Ini memungkinkan warga negara untuk mengakses e-Government dari berbagai perangkat seperti komputer, ponsel pintar, dan tablet, Perlindungan keamanan informasi sangat penting dalam e-Government. Perkembangan teknologi keamanan informasi seperti enkripsi data, identifikasi pengguna, dan teknologi biometrik telah membantu memastikan kerahasiaan dan integritas data yang disimpan dan dipertukarkan antara pemerintah dan warga negara. Perkembangan teknologi informasi ini terus berkembang, dan akan terus mempengaruhi cara e-Government beroperasi di masa depan. Hal ini memberikan potensi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, partisipasi warga negara, dan kualitas layanan pemerintah di kabupaten maros.</p> 2024-07-31T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement##