https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/issue/feedJournal of Software Engineering and Multimedia (JASMED)2025-01-01T01:53:58+08:00Novian Adi Prasetyo, S.Kom., M.Komnovian@ittelkom-pwt.ac.idOpen Journal Systems<p><em>Journal of Software Engineering and Multimedia</em> (JASMED) is a peer-reviewed scientific journal published by Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) and managed by the Software and Multimedia Engineering Expertise Group. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the outstanding latest developments in the fields of Informatics, Information Systems, Software Engineering, Multimedia and Applications with ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221215281431055" target="_blank" rel="noopener">3025-6372</a>. <em>Journal of Software Engineering and Multimedia</em> (JASMED) <span class="Y2IQFc" lang="en">published twice a year between <strong>January - June</strong>, and <strong>July - December</strong> with the scope and focus of research</span></p>https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1372Rancang Bangun Game Edukasi 2D Hewan Laut Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle2024-12-31T22:51:58+08:00Reynant Phaza Dealankreynantpz@gmail.comFaiz Muhammad Risyadrisyad832@gmail.comMaulana Ryan Zaklimaulanaryan59@gmail.com<p>Game edukasi 2D "Hewan Laut" dirancang untuk memberikan pengalaman belajar interaktif kepada pengguna, terutama siswa, mengenai keanekaragaman hayati laut dan interaksi ekosistemnya. Pengembangan game ini mengikuti pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), sebuah metodologi yang mengintegrasikan aspek-aspek pengembangan multimedia seperti perencanaan, desain, produksi, pengujian, dan distribusi. Pada tahap perencanaan, identifikasi tujuan pendidikan dan isi kurikulum dilakukan untuk memastikan bahwa game ini dapat memberikan nilai tambah dalam pembelajaran. Tahap desain melibatkan perancangan antarmuka 2D yang menarik dan lingkungan grafis yang mereplikasi keindahan ekosistem laut. Selain itu, perancangan konten edukatif tentang hewan laut, perilaku, dan peran mereka dalam ekosistem menjadi fokus utama. Produksi melibatkan pengembangan game secara menyeluruh, termasuk pemrograman, animasi, dan integrasi konten edukatif. Pengujian dilakukan untuk memastikan kesesuaian game dengan tujuan pendidikan dan keberfungsian yang baik. Selanjutnya, distribusi game akan dilakukan melalui platform yang dapat diakses oleh target audiens, seperti aplikasi mobile atau platform web. Game ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengguna tentang ekologi laut, mempromosikan kesadaran lingkungan, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Dengan mengikuti MDLC, pengembangan game ini menjadi lebih terstruktur dan berorientasi pada mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.</p>2024-12-31T00:00:00+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1525Implementasi Metode Convolutional Neural Network untuk Memilah Foto Pemandangan Pantai dan Pegunungan2024-12-31T22:51:58+08:00Kalfin Syah Kilau Mayya22081010251@student.upnjatim.ac.idIrsyad Fadhil Makarim22081010131@student.upnjatim.ac.idZenryo Yudi Arnava Darva Mahendra22081010303@student.upnjatim.ac.idAnggraini Puspita Sarianggraini.puspita.if@upnjatim.ac.id<p><span style="font-weight: 400;">Convolutional Neural Network (CNN) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam klasifikasi gambar. Studi ini memaparkan implementasi CNN untuk memilah foto pemandangan pantai dan pegunungan. Dataset terdiri dari 712 gambar pemandangan pantai dan 712 gambar pemandangan pegunungan yang kemudian dipecah menjadi data train dan test. Untuk memperkuat model, digunakan beberapa teknik augmentasi data seperti rescaling, shear, zoom, dan flip horizontal. Model CNN dibangun dengan beberapa lapisan konvolusi, pooling, dan fully connected layer untuk ekstraksi fitur dan klasifikasi. Selama pelatihan, model menggunakan binary crossentropy sebagai fungsi loss dan optimizer adam untuk mempercepat konvergensi. Setelah proses pelatihan selama 20 epoch dengan batch size 32, model diuji menggunakan data test yang belum pernah dilihat oleh model sebelumnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model CNN ini mampu mencapai akurasi 96.88% dalam data train dan 92.86% dalam data test. Hasil ini menunjukkan bahwa model CNN ini berhasil menghasilkan akurasi yang tinggi dalam membedakan gambar pemandangan pantai dan pegunungan berdasarkan dataset yang disediakan. Metode augmentasi data yang diterapkan seperti rescaling, shear, zoom, dan flip horizontal membantu dalam meningkatkan keberhasilan model untuk membedakan gambar-gambar yang serupa namun berasal dari kategori yang berbeda.</span></p>2024-12-31T00:00:00+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1381Aplikasi Interaktif Suku Melayu: Bahasa, Sastra, Adab dengan Metode Kanban untuk Pembelajaran Multimedia2024-12-31T22:51:59+08:00Purnama Hardi Saputra20102123@ittelkom-pwt.ac.idHanin Salsabila20102149@ittelkom-pwt.ac.idRayhan Hafidh Wiarso20102138@ittelkom-pwt.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran interaktif untuk menggali bahasa, sastra, dan adab Melayu. Fokus utama adalah mengatasi kekurangan media pembelajaran yang kurang interaktif dalam menyajikan informasi edukatif mengenai Suku Melayu, terutama terkait bahasa, sastra, dan adab, yang saat ini menghadapi tantangan pelestarian. Penggunaan metode Kanban, dengan enam tahapan seperti visualisasi, pembatasan tahapan, pengelolaan alur, penetapan kebijakan, implementasi feedback loops, dan peningkatan kolaboratif, diintegrasikan dalam pengembangan aplikasi ini. Hasil uji alpha testing menunjukkan bahwa semua fitur pada multimedia interaktif ini berjalan dengan baik, sementara hasil uji beta testing terhadap aplikasi yang dibuat menunjukkan respon positif dari pengguna, dengan nilai akhir mencapai 4,56 dari skala 5 dari 20 Responden. Aplikasi ini berpotensi meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap Suku Melayu, memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian bahasa, sastra, dan adab Melayu. Keberhasilan ini menjadikan aplikasi multimedia interaktif ini dianggap efektif dan layak digunakan dalam mendukung pembelajaran Suku Melayu, khususnya dalam konteks bahasa, sastra, dan adab. Hasil ini juga menunjukkan bahwa pendekatan dengan metode Kanban dapat membawa dampak positif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna, berpotensi meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap warisan budaya Suku Melayu.</p>2024-12-31T20:12:48+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1236Rancang Bangun Website Media Pendidikan Seksual dengan Metode Agile2025-01-01T01:53:58+08:00Muhammad Iqbal Ainu Rafie19102159@ittelkom-pwt.ac.idMuhammad Lulu Latif Usmanlulu@ittelkom-pwt.ac.idRizky Ameliarizky.amelia@lecturer.itk.ac.id<p>Pendidikan seks penting bagi anak-anak sejak usia dini. Pendidikan seks memberikan pemahaman dasar tentang seks pada anak ketika mereka bertemu dengan orang lain dan mempelajari ciri-ciri jenis kelamin secara preventif. Pendidikan seksual dapat disampaikan melalui media pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Alat-alat pendidikan ini berfungsi sebagai pesan yang mencapai tujuan pembelajaran. Penyampaian pendidikan seksual pada anak di sekolah merupakan bagian penting dari proses pembelajaran, tanpa media komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan berjalan secara optimal. Namun, dengan perkembangan teknologi, pendidikan seksual secara online melalui <em>website</em> sekarang menjadi mungkin. Pembelajaran pendidikan seksual berbasis <em>website</em> merupakan solusi yang layak, karena <em>website</em> dapat menghubungkan individu melalui internet dan menjadi lingkungan pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Peneliti bertujuan untuk membuat sebuah situs web pembelajaran pendidikan seksual. BKKBN Jawa Tengah bertanggung jawab atas pengawasan seluruh warga Jawa Tengah yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan teknik, manajemen kependudukan, pelaksanaan keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi, serta kesejahteraan dan penguatan keluarga. Peneliti berharap bahwa <em>website</em> ini dapat membantu dalam memberikan pendidikan tentang pendidikan seksual. <em>Website</em> ini dirancang menggunakan metode Agile dan kerangka kerja Laravel, yang memakai bahasa pemrograman PHP. Setelah proses pembangunan, sistem telah menjalani serangkaian pengujian menggunakan metode blackbox testing, dan berhasil menunjukkan validitas sebesar 100% untuk semua skenario uji. Setelah evaluasi oleh tim dari BKKBN, disimpulkan bahwa <em>website</em> sebagai media pendidikan edukasi seksual ini memenuhi standar dan layak untuk digunakan</p>2024-12-31T00:00:00+08:00##submission.copyrightStatement##