Analisis Performansi Jaringan pada Aplikasi Video Conference dengan Menggunakan Metode Quality of Service (Studi Kasus : Google Meet, Zoom meet dan Discord)
Abstract
Indonesia dan seluruh dunia tahun ini mengalami kejadian yang tak terlupakan yaitu pandemi covid-19, pandemi covid-19 sangat mempengaruhi seluruh aktivitas kegiatan mulai dari kegiatan sosial, bekerja, sekolah, dan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan keramaian. Masyarakat dituntut untuk melakukan kegiatan secara individu tidak berkomunikasi secara langsung, hal tersebut yang membuat masyarakat sulit sekali untuk melakukan berbagai aktivitas. Kegiatan online tatap muka berbasis internet merupakan suatu solusi yang sangat membantu di tengah pandemi seperti ini, mulai dari aktivitas perkantoran, sekolah, kuliah, bahkan berbincang bersama keluarga tidak luput dari teknologi digital. Ada beberapa aplikasi yang dipakai untuk melakukan kegitan tatap muka online yaitu google meet, zoom meet, dan discord, dalam melakukan kegiatan online tersebut ada suatu parameter lalu lintas jaringan yang dapat dilakukan salah satunya menggunakan QoS (Quality of Service) metode tersebuat merupakan point penting dalam melakukan analisis performansi jaringan, dalam metode QoS terdapat beberapa unsur pengukuran mulai dari throughput, packet loss, delay dan jitter. Objek penelitian ini menganalisis kondisi jaringan secara realtime, data diambil menggunakan beberapa provider jaringan, kemudian dihitung agar mendapatkan kualitas jaringan yang bagus sehingga dapat mengetahui provider jaringan mana yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan tatap muka online. Penelitian data diambil pada pukul pagi hari pukul 08.00 s/d 10.00 kemudian siang hari pukul 12.00 s/d 14.00 dari keseluruhan penelitian didapatkan hasil pada penggunaan aplikasi discord menggunakan provider biznet sesi pagi hari 08.00 s/d 08.30 mendapatkan throughput 4939 Kbps dan siang hari pukul 12.30 s/d 13.00 sebesar throughput 5887 Kbps. kemudian persentase packet loss terbesar terdapat pada penggunaan aplikasi google meet menggunakan provider biznet sesi siang hari pukul 12.00 s/d 12.30 mendapatkan packet loss 10,0% walaupun masuk dalam persentase terbesar namun masih dalam kategori bagus. Delay dan jitter terbesar terjadi pada saat penggunaan aplikasi discord sesi siang hari pukul 13.00 s/d 13.30 menggunakan provider xl mendapatkan delay 108 m/s, jitter 108 m/s namun untuk delay masih dalam kategori sangat bagus tapi untuk jitter masuk ke dalam kondisi sedang. selain hasil yang disebutkan tadi paada semua aplikasi dan 5 provider sesi pagi dan siang hari parameter yang diukur masih memenuhi standart TIPHON dan termasuk dalam kategori sangat bagus dan bagus.