Analisis dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Studi Kasus Lapak Jajan Pwt
Abstract
Lapak Jajan Pwt adalah salah satu usaha kecil di bidang kuliner khususnya dessert. Saat ini kegiatan jual beli dan promosi dilakukan melalui Whatsapp dan Instagram dengan mengunggah gambar produk namun. Menurut pelanggan terdapat kekurangan dalam proses pemesanan menggunakan Whatsapp atau Instagram yaitu tidak leluasa melihat menu dan stok yang siap jual serta mengharuskan pelanggan untuk memesan secara manual jika terdapat catatan khusus pada produk yang dibeli. Pengalaman pelanggan dilihat dari jawaban kuesinoner yang dibagikan pada 30 pelanggan Lapak Jajan Pwt. Berdasarkan jawaban yang diperoleh, 96,7% pelanggan ingin mengetahui seperti apa jika Lapak Jajan Pwt menambahakan platform website sebagai sarana pembelian produk. Oleh karena itu perancangan desain interface ini dilakukan untuk memberikan gambaran dan saran desain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan kepada founder dan pelanggan Lapak Jajan Pwt. Desain dirancang dengan metode user centered design (UCD). Kesesuaian kebutuhan pelanggan dengan desain dibuktikan dengan uji pengalaman pengguna menggunakan kuesioner UEQ dan kepuasan pengguna menggunakan kuesioner SUS yang sebelumnya responden diberi 10 tugas. Pengujian diikuti oleh 30 responden dengan hasil memperoleh kategori “Excellent” pada tiap skala penilaian UEQ dan memperoleh grade A+ serta masuk dalam kategori “Excellent” pada Adjactive Ratings dengan skor SUS 87,25.