Penerapan Metode ANP (Analytic Network Process) dalam Pemilihan Parfum pada Pria

  • Nabilla Alia Ratuliu Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Shavi Rosidan Rosadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Alya Ransi Fathiya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Parfume, ANP, decision making

Abstract

Penting untuk memilih parfum dengan hati-hati agar parfum tersebut dipastikan sesuai dengan kriteria dan merupakan pilihan yang tepat. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat membuat keputusan ini, dan Analytic Network Process (ANP) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan ini. ANP adalah teknik pembobotan yang memperhitungkan hubungan antara kriteria dan subkriteria serta hubungan antar kriteria itu sendiri. Pendekatan ANP digunakan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi brand parfum yang paling sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Software Super Decision, harga keseluruhan ditetapkan sebagai sebagai subkriteria yang paling penting ketika memilih brand parfum. Kemudian hasil keputusan pemilihan brand parfum terbaik adalah parfum AXE dengan nilai normalized by cluster sebesar 0,45392

References

Compas. (2023). No Title. https://compas.co.id/article/parfum-pria-terlaris/
Dewayana, T., & Budi, A. (2009). Pemilihan Pemasok Cooper ROD Menggunakan Metode ANP (Studi Kasus : PT. Olex Cables Indonesia (OLEXINDO)). J@Ti Undip, IV(3), 212–217.
Liputan6. (2000). No Title. https://www.liputan6.com/news/read/5422/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-jalan-di-tempat
Yun, Y., Ahmad, A., & Nurmansyah, H. (2020). Keunggulan bersaing produk parfum yang dipengaruhi oleh rantai nilai melalui koordinasi rantai pasokan parfum di kota cimahi. Inovasi, 16(2), 362–372. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI
Firmansyah, I., & Sukmana, W. (2014). Analisis problematika zakat pada baznas kota tasikmalaya: Pendekatan metode analytic network process (anp). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(2).
Mardiantony, T., & Ciptomulyono, U. (2012). Penerapan analisis Input Output dan ANP dalam penentuan prioritas pengembangan sub sektor industri di Jawa Timur. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A456-A459.
Amyriki, M., Mu’amar, M. F. F., & Hastuti, S. (2016). Analisis Pemilihan Supplier Gabah dengan Metode Analitycal Network Proces (ANP)(Studi kasus: Gudang Baru Bulog Gunung Gedangan, Mojokerto). Rekayasa, 9(1), 1-9.
Yusnita, E., & Fadli, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tahu Menggunakan Metode Analisa SWOT Dan ANP Di UD. Tahu DK 16. JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING, 6(1), 54-63.
Asmarawati, C. I., & Wibowo, S. A. (2021). Analisis Pemilihan Supplier Dan Penentuan Jumlah Pembelian Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Anp). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 6(2), 72-77.
Polnaya, G. A., & DARWANTO, D. (2015). Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Sesa, L. A., Sitania, F. D., & Widada, D. (2021). Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Roti dengan Metode ANP (Analytic Network Process) dan Rating Scale (Studi Kasus: Roti Gembong Kota Raja di Balikpapan). Jurnal Optimalisasi, 7(1), 35-47.
Published
2024-05-20
How to Cite
Ratuliu, N., Rosadi, S., & Fathiya, A. (2024). Penerapan Metode ANP (Analytic Network Process) dalam Pemilihan Parfum pada Pria. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 3(1), 15-21. https://doi.org/10.20895/trinistik.v3i1.1417
Section
Articles