Analisis Pengaruh Produk HP Samsung Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Menggunakan Metode Uji Chi-square

Main Article Content

Isna Nugraha

Abstract

Abstrak


Perkembangan gaya hidup yang semakin modern telah meningkatkan kebutuhan masyarakat akan alat komunikasi khususnya handphone yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana mempermudah aktivitas tetapi juga menyediakan berbagai fitur canggih dan modern. Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk menjadi lebih inovatif dalam memasarkan produknya, termasuk produk handphone seperti Samsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kondisi handphone dan minat beli mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur. Melalui pendekatan kuantitatif dan analisis data menggunakan metode Chi-square, penelitian ini melibatkan lebih dari 50 responden mahasiswa Teknik Industri. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai uji Chi-square yang dihitung lebih kecil dari nilai Chi-square tabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kondisi handphone dengan minat beli produk HP Samsung di kalangan mahasiswa UPN "Veteran" di Jawa Timur.


 


Kata kunci: Chi Square, Gaya Hidup, Handphone, SPSS


 


Abstract


The development of increasingly modern lifestyles has heightened the community's need for communication devices, especially smartphones, which serve not only as facilitators of daily activities but also provide various advanced and modern features. Amidst the increasingly competitive market, companies are required to be more innovative in marketing their products, including smartphones such as Samsung. This research aims to examine the relationship between smartphone conditions and purchasing interest among students of UPN "Veteran" Jawa Timur. Through a quantitative approach and data analysis using the Chi-square method, this study involved more than 50 respondents from the Industrial Engineering students. The analysis results indicate that the calculated Chi-square value is smaller than the Chi-square table value, thus rejecting the null hypothesis (H0) and accepting the alternative hypothesis (H1). From these results, it can be concluded that there is a significant correlation between smartphone conditions and purchasing interest in Samsung HP products among students of UPN "Veteran" Jawa Timur.


 


Keywords: Chi Square, Lifestyle, Smartphone, SPSS

Article Details

How to Cite
Nugraha, I. (2024). Analisis Pengaruh Produk HP Samsung Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Menggunakan Metode Uji Chi-square. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 3(1), 46-52. https://doi.org/10.20895/trinistik.v3i1.1423
Section
Articles

References

Efendi, N., Ginting, S.O., & Halim, J. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, Vol.11, No.2, hal. 102 - 112.

Faddila, H.P., Hartelina., & Hawignyo. (2023). Analisis Faktor Dan Proses Pembentukan Kualitas Iklan Online Smartphone Samsung. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol. 4, No. 4, hal.3672-3680.

Handaruwati, I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Ekonomi, Vol. 5, No. 1, hal. 52-62.

Hidayat, W.G.P.A. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah Dengan Menggunakan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Keislaman, Vol. 06, No. 01.

Hidayati, L. (2023). Analisis Biaya Kualitas Produk Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Usaha Dan Kepercayaan Konsumen Umkm Di Simo Sidomulyo. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 12, No. 9.

Kamila, Y., Sa'idah, A., Akbar, A.S., Azzen, F.A.N., Rohim, A.Y.B., & Chamidah, N. (2023). Analisis Hubungan Antara Jalur Masuk Universitas dengan Predikat Kelulusan Mahasiswa. Zeta Math Journal, Vol. 8, No. 1, hal. 23-29.

Lotulung, P.V., Mandey, S.L., & Lintong, D.C.A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor Pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA, Vol. 11, No. 02, hal. 561-572.

Nisak, M., & Sulistyowati, T. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 4, No. 2, hal. 86-96.

Rahminda, L., & Mastanora, R. (2023). Pemanfaatan Media Smartphone Pada Siswa/I Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri 16 Di Nagari Supayang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran, Vol. 2, No. 1, hal. 95-106.

Rauf, A. (2022). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Menggunakan Jasa Transportasi Pada Pt. Sumber Jaya Trans. Dynamic Management Journal, Vol. 6, No. 2, hal. 102-109.

Riya, N.S., Sumowo, S., & Wibowo, Y.G. (2022). Pengaruh Celebrity Endorse, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Realme Di Brc Bondowoso. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, Vol. 20, No. 2, hal. 419-430.

Sari, M.P., Rachman, L.A., Ronaldi, D., & Sanjaya, V.F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Jurnal Enterpreneur dan Bisnis, Vol. 1, No. 2, hal. 122-129.

Siagian, T.R. (2022). Peran Handphone dalam Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, Vol. 2, No. 2, hal.4145-4149.

Susanti, A., Welsa, Henny., & Cahyani, P.D. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 4, No.

Waluyo, A., & Trishananto, Y. (2022). Customer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 1, No. 2.

Wilyanto, A., Renaldi, A.J., Valentina, E., Richmond., Melinda, R., & Fatyandri, A.N. (2023). Analisis Business Level Strategy Dan Diversification Perusahaan Samsung. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 11, No. 1.