ANALISIS SENTIMEN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING DENGAN BRAND AMBASSADOR EXO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Main Article Content

Rahajeng Audi Nurianingrum
Muhammad Eka Purbaya

Abstract

Kebutuhan akan produk perawatan kulit (skincare) semakin meningkat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk lokal yang sedang ramai digunakan adalah Scarlett Whitening yang pada 14 September 2023 silam melakukan kolaborasi dengan grup EXO sebagai Brand Ambassador untuk mempromosikan produknya. Pada kasus ini, tanggapan masyarakat Indonesia terhadap kolaborasi ini cukup beragam. Untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat, perlu dilakukan suatu proses berupa analisis sentimen. Penelitian ini menggunakan data komentar dari postingan promosi pada channel resmi EXO di platform media sosial YouTube. Dengan banyaknya komentar mengenai produk Scarlett, diperlukan teknik analisis sentimen untuk mengklasifikasikan komentar pengguna ke dalam kelompok positif, negatif, atau netral. Penelitian yang dilakukan menggunakan klasifikasi Naïve Bayes dan Support Vector Machine. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes menghasilkan nilai Accuracy adalah 73%, Precission adalah 79% , Recall adalah 79%, dan F1 Score adalah 75%. Sedangkan pada algoritma Support Vector Machine menghasilkan nilai Accuracy adalah 72%, Precission adalah 52% , Recall adalah 72%, dan F1 Score adalah 60%. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, disimpulkan bahwa algoritma Naïve Bayes lebih unggul dan tepat digunakan dalam analisis sentimen komentar pengguna YouTube di konten EXO yang mempromosikan produk Scarlett Whitening.

Article Details

How to Cite
Nurianingrum, R., & Eka Purbaya, M. (2025). ANALISIS SENTIMEN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING DENGAN BRAND AMBASSADOR EXO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 3(2), 77-86. https://doi.org/10.20895/jurnal trinistik.v3i2.1443
Section
Articles

References

Abdulloh, F. F., & Pambudi, I. R. (2021). Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Program Vaksin Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 13(3), 141–148.
Asrianto, R., & Herwinanda, M. (2022). Analisis sentimen kenaikan harga kebutuhan pokok dimedia sosial youtube menggunakan algoritma support vector machine. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 431–440.
Fauzan, M., & Aisyah, S. (2023). Strategi Pemasaran Digital pada Industri Skincare melalui Platform TikTok. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(6), 977–982.
Indrawan, I. G. A., Ayu, D., Cahya, I., Ayu, I., & Ananda, P. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Presidensi G20 2022 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes. Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(1), 553–561.
Mas, J. K. H., & Mansyur, N. (2023). Optimalisasi Strategi Promosi Digital di Era Digitalisasi : Sebuah Kajian Komprehensif pada PT Glamourix AFA Indonesia Skincare 2022-2023. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 3, 119–134.
Rahayu, A. S., Fauzi, A., & Rahmat, R. (2022). Komparasi Algoritma Naïve Bayes Dan Support Vector Machine (SVM) Pada Analisis Sentimen Spotify. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(2), 349–354.
Sari, D. N., & Feranita, N. V. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Ilmu Manajemen, 10(2), 233–243.
Suryaningsih, S., & Ningtias, A. (2023). Komunikasi Pemasaran Digital Produk Skincare Scarlett Whitening dengan Brand Ambassador EXO. Bandung Conference Series: Communication Management, 1074–1082.
Syah, H., & Witanti, A. (2022). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Vaksinasi Covid-19 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (Svm). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 5(1), 59–67.
Tamonsang, Matheous; Putri, Y. D. A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dengan Brand Image. Reviu Akuntansi Komputer Indonesia, 4(2), 89–101.
Zhafira, D. F., Rahayudi, B., & Indriati, I. (2021). Analisis Sentimen Kebijakan Kampus Merdeka Menggunakan Naive Bayes dan Pembobotan TF-IDF Berdasarkan Komentar pada Youtube. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 2(1), 55–63.