Strategi Penempatan Produk Berdasarkan Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori di Swalayan ABC Purwokerto

Main Article Content

Syarif Hidayatuloh
Cindy Dwi Novita Sari
Taqdirul Ghofar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi penempatan produk di Swalayan ABC Purwokerto menggunakan Market Basket Analysis (MBA) dengan algoritma Apriori. Data transaksi pelanggan dianalisis menggunakan Python untuk menemukan pola keterkaitan antar produk dengan pendekatan Association Rule Mining (ARM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis asosiasi dapat mengidentifikasi keterkaitan produk dengan nilai lift >1, yang mengindikasikan hubungan erat antara produk di berbagai departemen. Implementasi tata letak berbasis hasil analisis diharapkan meningkatkan efisiensi belanja pelanggan serta mendorong peningkatan penjualan. Rekomendasi penelitian ini dapat membantu pengelola Swalayan ABC dalam meningkatkan pengalaman belanja serta daya saing ritel.

Article Details

How to Cite
Hidayatuloh, S., Dwi Novita Sari, C., & Ghofar, T. (2025). Strategi Penempatan Produk Berdasarkan Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori di Swalayan ABC Purwokerto. Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.20895/trinistik.v4i1.1822
Section
Articles

References

Baihaqie, M. R. Q. (2023). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA USAHA RITEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RU-LE - MARKET BASKET ANALYSIS DAN CLUSTE-RING SEBAGAI USULAN STRATEGI PENINGKA-TAN PENJUALAN (Studi Kasus: INTIMART GEDONGAN). In PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.
Dubey, S. K., Mittal, S., Chattani, S., & Shukla, V. K. (2021). Comparative Analysis of Market Bas-ket Analysis through Data Mining Techni-ques. Proceedings of 2nd IEEE International Conference on Computational Intelligence and Knowledge Economy, ICCIKE 2021, 239–243. https://doi.org/10.1109/ICCIKE51210.2021.9410737
Edastama, P., Bist, A. S., & Prambudi, A. (2021). Implementation Of Data Mining On Glasses Sales Using The Apriori Algorithm. Interna-tional Journal of Cyber and IT Service Mana-gement, 1(2), 159–172. https://doi.org/10.34306/ijcitsm.v1i2.46
Effendi, M. I. A., & Indahsari, R. D. (2024). Imple-mentasi Algoritma Apriori untuk Penentuan Kombinasi Barang bagi Sales Motorist. Jurnal Eksplora Informatika, 12(2), 153–163. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i2.866
Efrat, A. R., Gernowo, R., & Farikhin. (2020). Con-sumer purchase patterns based on market basket analysis using apriori algorithms. Journal of Physics: Conference Series, 1524(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1524/1/012109
JONATHAN. (2018). PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN PELANG-GAN (STUDI KASUS : TIMBUL JAYA MOTOR) [FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UNIVER-SITAS BUDDHI DHARMA]. In Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Buddhi Dharma. http://repositori.buddhidharma.ac.id/id/eprint/1488%0Ahttp://repositori.buddhidharma.ac.id/1488/2/Cover - BAB III.pdf
Liu, J., Cao, Y., Member, S., Li, Y., Member, S., Guo, Y., & Deng, W. (2020). A big data cleaning method based on improved CLOF and Ran-dom Forest for distribution network. CSEE Journal of Power and Energy Systems, 10(6), 2528–2538. https://doi.org/10.17775/cseejpes.2020.04080
Maharana, K., Mondal, S., & Nemade, B. (2022). A review: Data pre-processing and data aug-mentation techniques. Global Transitions Proceedings, 3(1), 91–99. https://doi.org/10.1016/j.gltp.2022.04.020
Mariboto, D., Syahrani Anisya, Raihan Khalis Azhar, Alif Sulaiman, Armudian Maharani Patihawa, Khoirul Aziz Husyairi, & Tina Nur Ainun. (2023). Perancangan Ulang Tata Letak Untuk Pengoptimalisasian Ruang Pada Toko Ritel RDSP Bogor. Jurnal Teknologi Dan Mana-jemen Industri Terapan, 2(2), 135–143. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i2.161
Nurfida, A., & Oktaviani, A. (2021). Optimalisasi Tata Letak Fasilitas. Indonesian Journal for Social Responsibility (IJSR), 3(1), 29–36.
Nurmayanti, W. P., Sastriana, H. M., Rahim, A., Gazali, M., Hirzi, R. H., Ramdani, Z., & Malthuf, M. (2021). Market Basket Analysis with Apriori Algorithm and Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) on Outdoor Product Sa-les Data. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.45
Qisman, M., Rosadi, R., & Abdullah, A. S. (2021). Market basket analysis using apriori algo-rithm to find consumer patterns in buying goods through transaction data (case study of Mizan computer retail stores). Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012020
Rachmad, Y. E., Budiyanto, & Khuzaini. (2025). Im-pact of Viral Marketing and Gimmick Marke-ting on Transformation of Customer Beha-vior Mediated by Influencer Marketing. In-ternational Journal of Economics, Manage-ment and Accounting, 1.
RIDWAN, MUH. K. (2016). PENGARUH TATA LETAK DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTU-SAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA. In STAIN Ku-dus. STAIN Kudus.
Ünvan, Y. A. (2021). Market basket analysis with association rules. Communications in Statis-tics - Theory and Methods, 50(7), 1615–1628. https://doi.org/10.1080/03610926.2020.1716255