Usulan Pengembangan Desain Troli Set-Up Wire Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada PT. XYZ

  • Satria Ridha Pambudi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Anastasia Febiyani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: House of Quality, Quality Function Deployment, Troli, Wire Harness

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan perakitan suku cadang otomotif di Indonesia. Perusahaan tersebut memproduksi wire-harness atau rangkaian wire (kabel) sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor sebagai produk utamanya. Sebelum wire dirakit menjadi produk jadi, berbagai jenis wire yang sudah diproses pada bagian pre assy ditempatkan di area set-up wire. Pada proses ini membutuhkan troli yang berguna sebagai alat penanganan material dan penempatan barang pada area set-up wire. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengusulkan apa yang perlu ditingkatkan dari troli yang ada supaya dapat dimaksimalkan penggunaanya sebagai alat penunjang jalannya produksi. Metode QFD (Quality Function Deployment) digunakan untuk mengetahui prioritas atribut karakteristik teknis berdasarkan kepuasan dan kepentingan pelanggan yang diperoleh dari hasil kuesioner. Berdasarkan matriks HOQ (House of Quality) yang telah dibuat, diketahui terdapat lima atribut prioritas usulan utama pengembangan desain troli.

References

Arohman. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Produk Dan Saluran Distribusi Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 10(01), 1–10.

Azizah, I. N., Lestari, R. N., & Purba, H. H. (2018). Penerapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Konsumen pada Industri Komponen Otomotif. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 127.

Caesaron, D., Chandra, J., & Tannady, H. (2017). Usulan Perancangan Alat Bantu Untuk Mengurangi Risiko Cidera Kerja Pada Buruh Angkut Berdasarkan Penilaian RULA Dengan Menggunakan QFD. Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 798–808.

Dian Putra, M., Pambudi Tama, I., & Puspita Andriani, D. (2016). Analisis Perancangan Alat Bantu Material Handling Produksi Genteng Menggunakan Metode Axiomatic House of Quality (Ahoq). Journal of Engineering and Management Industial System, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.21776/ub.jemis.2016.004.01.3

Lestariningsih, S., & Jono. (2019). Penggunaan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Redesain Kompor Batik Elektrik “ Kombatrik .” JRI: Jurnal Rekayasa Industri, 1(1), 1–12.

Prabowo, R., & Zoelangga, M. I. (2019). Pengembangan Produk Power Charger Portable dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( QFD ). 8(1), 55–62.

Suseno, & Huvat, T. T. T. (2019). Perancangan Alat Panggangan Otomatis Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment). Jurnal Teknologi, Volume 12, 123–129.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa Edisi ke 2. Indeks, 14.

Published
2022-03-29
How to Cite
Pambudi, S., & Febiyani, A. (2022). Usulan Pengembangan Desain Troli Set-Up Wire Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada PT. XYZ. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 1(1), 44-50. https://doi.org/10.20895/trinistik.v1i1.433
Section
Articles