Identifikasi Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Meggunakan Metode HIRARC di PT Ahmad Aris

  • Alfian Julianto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: HIRADC Metode (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control), APD (Alat Pelindung Diri), K3L (Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan).

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang ada pada bagian produksi kasa di PT Ahmadaris. PT Ahmadaris adalah salah satu perusahaan yang termasuk kedalam bidang industri yang berkembang, banyak potensi masalah yang muncul pada perusahaan. Masalah yang muncul pada perusahaan adalah kecelakaan kerja yang terjadi akibat dari kelalaian perusahaan atau karyawan yang berdampak pada menurunnya produktivitas kerja. Kecelakaan kerja dianggap sebagai suatu permasalahan yang serius dan berkaitan dengan aspek kemanusiaan karena berhubungan dengan keselamatan manusia pada pekerjaannya. Metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) adalah rangkaian proses identifikasi bahaya dalam segala aktivitas, mulai dari aktivitas rutin dan non rutin. HIRARC merupakan usaha yang dilakukan untuk mencegah dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan kerja secara tepat dan aman. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengetahui penilaian risiko kecelakaan kerja, dan melakukan pengendalian risiko kecelakaan kerja untuk merekomendasikan perbaikan kepada manajemen perusahaan. Penilaian risiko terdiri dari tingkat kemungkinan atau likehood terjadinya risiko dan tingkat severity atau keparahan terjadinya risiko , dimana apabila 2 subjek tersebut dikalikan maka akan menghasilkan nilai dari suatu risiko yang dapat diklasifikasikan tingkatannya menjadi risiko yang rendah (Low) , risiko yang sedang (Medium), risiko tinggi (High) dan risiko sangat tinggi (Very high ).

 

References

Ivana, A., Widjasena, B., & Jayanti, S. (2014). Analisa Komitmen Manajemen Rumah Sakit (Rs) Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Rs Prima Medika Pemalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2(1), 35–41.
Kaligis, R. S. V., Sompie, B. F., Tjakra, J., & Walangitan, D. R. O. (2013). Pengaruh Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Terhadap Produktivitas Kerja. Sipil Statik, 1(3), 219–225.
Soputan, G., Sompie, B., & Mandagi, R. (2014). Manajemen Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) (Study Kasus Pada Pembangunan Gedung Sma Eben Haezar). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(4), 99095.
Transiska, D., Dra. Hj. Nuryanti., M. S., & Taufiqurrahman, SE., M.SC., M. P. (2015). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN FAKTOR MANUSIA TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PUTRI MIDAI BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Jom Fekon, 2(1), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/33748-ID-pengaruh-lingkungan-kerja-dan-faktor-manusia-terhadap-tingkat-kecelakaan-kerja-k.pdf
Published
2023-03-31
How to Cite
Julianto, A. (2023). Identifikasi Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Meggunakan Metode HIRARC di PT Ahmad Aris. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 2(1), 50-55. https://doi.org/10.20895/trinistik.v2i1.476
Section
Articles