UPAYA PENGURANGAN PRODUK CACAT PADA AIR DALAM KEMASAN CUP 250 ML DI PT DUTA PUTRA LEXINDO (BOLESA) MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA

Main Article Content

Zerina Triwuni
Yohanes Anton Nugroho

Abstract

Produsen Air Minum dalam Kemasan (AMDK) mengalami masalah kualitas yaitu dengan terdapatnya produk-produk cacat pada setiap produksi yang mana belum mencapai zero defect, terutama pada lini produksi kemasan cup ukuran 250 ml yang paling banyak mengalami kecacatan produk. Lean Six sigma didefinisikan sebagai suatu metodologi yang menyediakan alat-alat untuk peningkatan proses bisnis dengan tujuan menurunkan variasi proses dan meningkatkan kualitas produk dengan menggunakan pendekatan DMAIC (define, measure, analyze, improve dan control). Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh untuk critical to quality pada diagram pareto diketahui bahwa tingkat reject terbesar adalah cacat pada cup lonjong yaitu 3042 cup, cup bocor 2946 cup, lid miring sebanyak 1028 cup, packaging sebanyak 910 cup. Dan untuk tingkat sigma adalah 5,11 sigma. Upaya perbaikan perlu menggunakan evaluasi ulang alat pendukung produksi dan faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian perusahaan dapat segera melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi terjadinya kendala.

Article Details

How to Cite
Triwuni, Z., & Nugroho, Y. (2023). UPAYA PENGURANGAN PRODUK CACAT PADA AIR DALAM KEMASAN CUP 250 ML DI PT DUTA PUTRA LEXINDO (BOLESA) MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 2(1), 16-20. https://doi.org/10.20895/trinistik.v2i1.665
Section
Articles

References

Aqua, C., Ml, B., Metode, D., & Sigma, S. I. X. (2018). Upaya pengurangan produk cacat pada proses capping aqua botol 600 ml dengan metode six sigma.

Ardhyani, I. W., & Santoso, S. (2020). Analisis Cacat Produk Kemasan Wafer Di Pt. Tkt Mojokerto. Teknika: Engineering and Sains Journal, 4(2), 43. https://doi.org/10.51804/tesj.v4i2.877.43-48

Faizal, A., Nababan, N. Y., & Jatnika, M. E. (2020). Usulan Perbaikan Defect Pada Sablon Plastik Menggunakan Metode Poka Yoke Di Cv. Bayor Print 69. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 6(2), 167–175. https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss2.2020.332

Perbaikan, T. P. (2020). Pendekatan Metode Lean Six Sigma dan Prinsip 5R Dalam Rangka Meningkatkan Capaian Mutu Respon. 1–13.

Rinjani, I., Wahyudin, W., & Nugraha, B. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cacat pada Lensa Tipe X Menggunakan Lean Six Sigma dengan Konsep DMAIC. Unistek, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.33592/unistek.v8i1.878

Romadhani, F., Mahbubah, N. A., & Kurniawan, M. D. (2021). Implementasi Metode Lean Six Sigma Guna Mengeliminasi Defect Proses Produksi Purified Gypsum Di PT AAA. Radial: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi, 9(2), 89–103. https://doi.org/https://doi.org/10.37971/radial.v9i2.224

Tampubolon, S., & Purba, H. H. (2021). Lean six sigma implementation, a systematic literature review. International Journal of Production Management and Engineering, 9(2), 125–139. https://doi.org/10.4995/IJPME.2021.14561

U. Yuyun Triastuti, & Dhita Tri Arianti. (2020). Usulan Penerapan Metode Lean Six Sigma Untuk Mereduksi Waste Pada Produk Cincin Di Pt Xyz. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(3), 222–234. https://doi.org/10.36418/jist.v1i3.30

Ulfah, M., Trenggonowati, D. L., Ulfah, M., Arina, F., & Trenggonowati, D. L. (2021). Improvement of Product Bottled Water Quality Through Six Sigma and Fuzzy Marketing Mix Approaches. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(April), 1–11. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.1.1

Wibowo, H., & Khikmawati, E. (2014). Analisis Kecacatan Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Sebagai Upaya Perbaikan Kualitas Dengan Metode Dmaic. Spektrum Industri, 12(2), 153. https://doi.org/10.12928/si.v12i2.1667

Widyarto, W. O., Firdaus, A., & Kusumawati, A. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Air Minum dalam Kemasan Menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(1), 17. https://doi.org/10.30656/intech.v5i1.1460