IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK RAK KALENG

  • nurjannah nurjannah Universitas Gunadarma
Keywords: Kebutuhan Pelanggan, Minuman Kaleng, Rak

Abstract

Minuman kaleng merupakan salah satu minuman siap saji yang bisa disantap kapanpun dan dimanapun. Penggunaan kemasan kaleng merupakan salah satu cara praktis untuk penyimpanan minuman dalam jangka waktu lama. Penyimpanan minuman kaleng perlu diperhatikan agar bagian luar tidak terkontaminasi bakteri dan tidak terjadi perubahan warna maupun karat pada permukaan kaleng, Oleh karena itu dibutuhkan rak kaleng. Rak kaleng digunakan untuk penyimpanan minuman kaleng dan juga berfungsi sebagai dekorasi rumah, serta kemudahan dalam penyimpanan dan pengambilan minuman kaleng. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan terhadap rak kaleng minuman, dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang mengisi kuesioner secara on line, dengan kriteria responden pernah melihat dan menggunakan rak kaleng. Hasil penyebaran kuesioner didapatkan kebutuhan pelanggan antara lain yaitu memiliki material yang bersifat kuat, material yang tahan lama, mampu menampung banyak kaleng, memiliki bahan yang ringan, aman digunakan, nyaman digunakan, mampu melindungi kaleng dari kotoran, dan dapat mengeluarkan kaleng secara otomatis.

References

Cohen, Lou. (1995). Quality Fungtion Deployment: How to Make QFD Work for You. Massachussets : Addison Wesley Publishing Company.
Gaspersz, V. (2003). Total Quality Managment. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ginting, Rosnani. (2009). Perancangan Produk. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulrich, Karl T. & Steven D. Eppinger. (2001). Perancangan dan Pengembangan Produk. Jakarta: Salemba Teknika.
Published
2023-03-31
How to Cite
nurjannah, nurjannah. (2023). IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK RAK KALENG. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 2(1), 40-49. https://doi.org/10.20895/trinistik.v2i1.861
Section
Articles