ILUSTRASI TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT DASAR DALAM BENTUK ANIMASI

Main Article Content

Amelia Agustina Herlijanto
Decky Avrilukito
Iona Berliana

Abstract

Bahasa isyarat luas dikenal sebagai sebuah bahasa yang lekat pada komunitas berkebutuhan khusus, sehingga tidak banyak yang mengetahui bahwa bahasa isyarat itu boleh untuk dipelajari oleh semua orang yang ingin mempelajari walau tidak memiliki keterbatasan tertentu. Meski banyak usaha untuk mengajak untuk belajar, masih banyak yang belum mengerti bagaimana untuk memulai mempelajarinya. Ketidaktahuan untuk bagaimana cara memulai untuk bisa mempelajari bahasa inilah yang sering kali menjadi penghambat bagi orang Dengar yang ingin mempelajarinya.


Mempelajari bahasa isyarat bagi orang Dengar tentunya bukanlah hal yang mudah karena terbatasnya informasi. Ilustrasi merupakan bentuk visualisasi yang mudah dipahami dalam rangka membangun persepsi yang sama. Dengan penambahan animasi tentunya akan semakin membuat pembelajaran menarik. Oleh karena, itu dalam penelitian ini akan dibuat Ilustrasi tentang Pembelajaran Bahasa Isyarat Dasar dalam bentuk Animasi. Karya ini dibuat dengan maksud untuk memperluas informasi mengenai bahasa isyarat Indonesia.


Karya animasi ini berisikan cara pengenalan diri dan kata-kata penting yang perlu untuk diingat, seperti kata maaf, terima kasih dan tolong, serta cara untuk berkomunikasi yang sopan yang dibuat dalam bentuk bahasa isyarat dengan ilustrasi dan animasi yang ringan untuk dinikmati. Materi pembelajaran dan cerita dibantu oleh narasumber anggota komunitas Tuli Surabaya dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia atau GERKATIN yang bertempat di Surabaya. Hasil karya ini mendapatkan respon yang baik dan terbukti dapat mempermudah pembelajaran bahasa isyarat bagi orang Dengar.  

Article Details

How to Cite
Herlijanto, A., Avrilukito, D., & Berliana, I. (2023). ILUSTRASI TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT DASAR DALAM BENTUK ANIMASI. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 2(2), 186-199. https://doi.org/10.20895/askara.v2i2.1272
Section
Articles

References

Munir. (2012).
Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Creswell, John W. (2013).
Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatf, dan Mixed. Edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wells, William, John Burnet, and Sandra Moriarty. (1992).
Advertising: Principles and Practice. Edisi kedua. Yogyakarta: Prentice Hall.

Taqiyyah, A. A. (2018, December 10). Repository Unair. Retrieved from repository.unair.ac.id: https://repository.unair.ac.id/76396/2/JURNAL_Fis.K.73%2018%20Taq%20t.pdf