PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME ANDROID RESIK SEBAGAI GAME EDUKASI TENTANG SAMPAH DI SIDOARJO

Main Article Content

Sonhaji Arif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk merancang media interaktif berbasis game android Resik sebagai game edukasi tentang sampah di sidoarjo. (2) Untuk mengetahui kelayakan media interaktif berbasis game android Resik sebagai game edukasi tentang sampah di sidoarjo berdasarkan uji validasi ahli (alpha Testing). Proses perancangan menggunakan metode perancangan Desain Komunikasi Visual Umum 2 oleh Yongky Safanayong yang telah dimodifikasi sedikit sesuai dengan kebutuhan peneliti. Perancangan Game Resik diawali dengan perumusan masalah dan pengumpulan data. Data yang diambil berbentuk data primer dan data sekunder, pengambilan data primer menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui instrumen penelitian berupa angket kuesioner. Data sekunder menggunakan studi literatur dan dokumentasi lapangan. Proses perancangan terdiri dari beberapa tahapan: 1. Menyusun konsep dasar game (Tema game, Target audience, Media yang digunakan, Judul game, Genre game, Aspek edukasi, tingkat kesulitan dan game engine yang digunakan). 2. Perumusan gameplay. 3. Perancangan asset (Karakter game, Graphic User Interface, Latar belakang, Sound dan music dan infografis). 4. Development 5. Pengujian ahli (alpha Testing) 6. Revisi produk. Berdasarkan prosedur pengujian validasi ahli (alpha testing) yang dilakukan diperoleh hasil: Nilai persentase pengujian validasi aspek visual sebesar 82% dengan kategori “Sangat baik”. Pengujian validasi aspek gameplay sebesar 80% dengan kategori “Sangat baik”. Pengujian validasi aspek materi edukasi game sebesar 83% dengan kategori “Sangat baik”.

Article Details

How to Cite
Arif, S. (2024). PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME ANDROID RESIK SEBAGAI GAME EDUKASI TENTANG SAMPAH DI SIDOARJO. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 3(1), 58-66. https://doi.org/10.20895/askara.v3i1.1338
Section
Articles

References

Armand, G. (2020, November 5). Mengapa Orang Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan. Dipetik Februari 7, 2021, dari kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/05/191000265/mengapa-orang-indonesia-suka-buang-sampah-sembarangan-?page=2
Asyhari, H. (2017). GAME ANDROID "DON'T TOUCH ME PLEASE" SEBAGAI SARANA MENGUKUR KETEPATAN (ACCURACY).
Budiman, C. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta : EGC.
G.H. Tchobanoglous, H. Theissen, dan S.A. Vigil, 1993. Integrated Solid Waste Management, McGraw Hill.
Daniarto, R. (2019, juli 2). Sehari, 1.800 Ton Sampah di Sidoarjo Tak Bisa Diolah. Dipetik januari 11, 2021, dari surabayainside.com: https://surabayainside.com/sehari-1-800-ton-sampah-di-sidoarjo-tak-bisa-diolah/
Handriyantini. (2009). Permainan Edukatif Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah dasar. Malang: Sekolah tinggi.
Jogiyanto. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Jogiyanto. (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Publisher.
Khurrotul, a. (2014, maret 30). Warna panas dan warna dingin. Diambil kembali dari wordpress.com: https://khurrotulainil.wordpress.com/
M.Tanaka. (2008). Efforts to Reduce SW-Why SW is Generated? How SW is Reduced? Proceeding of internatiinal Symposium on SWAPI. Incheon: KSWM.
Noviana. (2019). Desain Media Interaktif. Surakarta: Mediatama.
Nurmala Shopia Putri, K. K. (2019). Virtual Reality Untuk Perancangan Game Edukasi "Adventure In Indonesia". Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Prensky, M. (2012). From Digital Native to Digital Wisdom. New York.
Widyastuti, B. C. (2007). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC.
Zuraya, N. (2019, Maret 23). 82 Persen Sungai di Indonesia Tercemar dan Kritis. Dipetik Februari 8, 2021, dari REPUBLIKA.co.id: https://www.republika.co.id/berita/porsc1383/82-persen-sungai-di-indonesia-tercemar-dan-kritis
Safanayong,Yongky. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu, Jakarta: Penerbit Arte vvvvvvIntermedia.
Pane, C. D. M. (2019, Oktober 05). Waspadai Bakteri Penyebab Diare Berikut Ini. Dipetik April 02,2021, dari alodokter.com: https://www.alodokter.com/waspadai-bakteri-penyebab-diare-berikut-ini.
Salen, K., Zimmerman, E. (2004). Rules of play. Cambridge, MA: MIT Press.