ANALISIS DESAIN INTERAKSI AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA TERHADAP KONTEN PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Ester Anggun Kusumaningtyas
Astri Noviani

Abstract

Buku ensiklopedia augmented reality (AR) menawarkan pengalaman yang unik bagi pembaca anak-anak. Beberapa penelitian sebelumnya membahas penerapan buku AR dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan perkembangan kognitif anak. Namun, penelitian mengenai desain interaksi AR pada buku ensiklopedia masih minim ditemukan. Belum banyak penjelasan desain interaksi AR seperti apa yang cocok untuk konten dan aspek pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan interaksi AR dengan konten pembelajaran dan keterlibatan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur, studi komparasi, dan field testing untuk mengidentifikasi dan menjelaskan delapan jenis interaksi AR. Delapan jenis interaksi yang diidentifikasi dan dijelaskan meliputi interaksi menampilkan objek atau karakter 3D, interaksi memperbesar dan memutar, interaksi membongkar objek, interaksi panel informasi 2D, interaksi tombol 2D atau 3D, interaksi permainan, interaksi spasial, dan interaksi video 360o. Temuan ini menyoroti potensi buku ensiklopedia AR sebagai media pembelajaran yang menarik dan meningkatkan keterlibatan siswa sekolah dasar pada mata pelajaran sains. Penelitian ini diharapkan menginspirasi desainer buku yang akan merancang desain interaksi augmented reality untuk media dan konten pembelajaran siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Kusumaningtyas, E., & Noviani, A. (2024). ANALISIS DESAIN INTERAKSI AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA TERHADAP KONTEN PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.20895/askara.v3i1.1433
Section
Articles

References

Abrar, M. F., Islam, M. R., Hossain, M. S., Islam, M. M., & Kabir, M. A. (2019). Augmented reality in education: A study on preschool children, parents, and teachers in Bangladesh: HCII2019: In Virtual, Augmented and Mixed Reality. Applications and Case Studies. Orlando: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-21565-1_14
Adam, C. (2023). Perancangan poster augmented reality dampak sampah plastik bagi lingkungan, Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23 (1), 59-66. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.1.59-66
Al-Imamy, S. Y. (2020). Blending printed texts with digital resources through augmented reality interaction. Education and Information Technologies, 25 (4), 2561-2576. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10070-w
Azuma, R.T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators & Virtual Environments, 6 (4), 355-385. https://doi.org/10.1162/pres.1997.6.4.355
Chen, L., Yang, X., Wang, B., Shu, Y., & He, H. (2018). Research on augmented reality system for childhood education reading: 2018 12th IEEE International Conference on Anti-counterfeiting, Security, and Identification (ASID). Xiamen: IEEE.
Chen, Y., et al. (2019). An overview of augmented reality technology. Journal of Physics: Conference Series, 1237 (2), 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1237/2/022082
Cheng, K. H., & Tsai, C. C. (2016). The interaction of child–parent shared reading with an augmented reality (AR) picture book and parents' conceptions of AR learning. British Journal of Educational Technology, 47 (1), 203-222. https://doi.org/10.1111/bjet.12228
Devar Entertainment. (2019). Ensiklopedia 4D: Antariksa. Jakarta: Gramedia.
Devar Entertainment. (2019). Ensiklopedia 4D: Dinosaurus. Jakarta: Gramedia.
Devar Entertainment. (2020). Ensiklopedia 4D: Tubuh Manusia. Jakarta: Gramedia.
Devar Entertainment. (2021). Wow! Ensiklopedia 4D: Keajaiban Dunia. Jakarta: Gramedia.
Jawad, S., Habib, A., & Ali, B. Enhanced interactive learning using augmented reality: 17th IEEE International Multi Topic Conference 201. Karachi: IEEE. https://doi.org/10.1109/INMIC.2014.7097350
Oranç, C., & Küntay, A. C. (2019). Learning from the real and the virtual worlds: Educational use of augmented reality in early childhood. International Journal of Child-Computer Interaction, 21 (September 2019), 104-111. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2019.06.002
Pan, Z., López, M., Li, C., & Liu, M. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning. Research in Learning Technology, 29. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539
Panchenko, L. F., Vakaliuk, T. A., & Vlasenko, K. V. (2020). Augmented reality books: Concepts, typology, tools: CEUR Workshop Proceedings. https://doi.org/10.31812/123456789/4414
Permana, D. D., & Dharmayanti, D. (2014). Teknologi multimedia augmented reality dalam pembuatan ensiklopedia model alat transportasi darat di Jakarta: Prosiding KOMMIT.
Setiawan, R., Ramadhan, M. R., & Rizki, M. (2019). Penerapan ensiklopedia Amtara (alat musik tradisional nusantara) berbasis augmented reality sebagai upaya melestarikan warisan budaya nusantara: Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Wahyudi, U. M. W., Wibawanto, H., & Hardyanto, W. (2017). Pengembangan media edukatif berbasis augmented reality untuk desain interior dan eksterior. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 39-48. https://doi.org/10.15294/IJCET.V6I2.19337
Weng, C., Otanga, S., Christianto, S. M., & Chu, R. J. C. (2020). Enhancing students’ biology learning by using augmented reality as a learning supplement. Journal of Educational Computing Research, 58 (4), 747-770. https://doi.org/10.1177/0735633119884213
Zhou, F., Duh, H. B. L., & Billinghurst, M. (2008). Trends in augmented reality tracking, interaction and display: 2008 7th IEEE/ACM International Symposium on Mixed and Augmented Reality. Cambridge: IEEE. https://doi.org/10.1109/ISMAR.2008.4637362