USER INTERFACE POSTHUMAN III SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA ARSIP KARYA

Main Article Content

Mochamad Maulana Syahruliadi
Bachrul Restu Bagja
Aditya Tama Isdarto

Abstract

User Interface Posthuman III sebagai media alternatif arsip karya merupakan sebuah langkah inovatif untuk mengabadikan dan mendistribusikan karya-karya seni yang pernah dipamerkan dalam pameran Posthuman III. Diselenggarakan setiap tahun oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Telkom Purwokerto, pameran poster internasional ini telah menjadi wadah penting bagi seniman dari berbagai penjuru dunia untuk menunjukkan karyanya. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana membuat karya-karya tersebut lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Platform ini dirancang dengan tujuan utama untuk mendekatkan karya-karya seniman kepada audiens yang lebih luas, sehingga dapat diakses dengan mudah dan dijadikan referensi berharga bagi para penikmat seni. Dengan mengaplikasikan metode desain antarmuka yang mengutamakan pengalaman pengguna, penelitian ini berfokus pada kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi desain yang intuitif dan ramah pengguna. Hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa platform ini efektif dalam menyediakan akses yang lebih mudah dan luas terhadap karya seni yang telah dipamerkan. Hal ini tidak hanya meningkatkan apresiasi publik terhadap seni kontemporer, tetapi juga menghidupkan kembali nilai-nilai seni. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa user interface yang dirancang dengan baik dapat berfungsi sebagai alat yang efektif untuk mengarsipkan dan menyebarluaskan karya seni, serta mempererat hubungan antara seniman dan audiens mereka.

Article Details

How to Cite
Syahruliadi, M., Restu Bagja, B., & Tama Isdarto, A. (2025). USER INTERFACE POSTHUMAN III SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA ARSIP KARYA. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 3(2), 196-208. https://doi.org/10.20895/askara.v3i2.1546
Section
Articles

References

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114. doi: 10.55927/jiph.v1i2.937
Fitri, C. H., & Rahma, F. (2022). Evaluasi dan Perbaikan Tampilan Desain Antarmuka Pengguna Web Jogja Center Dengan Metode Human-Centered Design. AUTOMATA, 3(1). Doi: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/21921
Khalid, A. (2021). Conservation Challenges and Emerging Trends of Digital Preservation for UNESCO Architectural Heritage, Pakistan. Conservation, 2(1), 26-37. doi: 10.3390/conservation2010003
Krug, R. (2017). Introduction. 2017. doi: 10.7591/9781501708169-003
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497
Perdana, F., & Sinaga, D. (2023). Manajemen Perencanaan di Galeri Rumah Seni Ropih Braga Bandung: Manajemen Perencanaan di Galeri Rumah Seni Ropih Braga Bandung. KABUYUTAN, 2(2), 100-104. doi: 10.61296/kabuyutan.v2i2.162.
Suhono, T., & Al Fatta, H. (2021). Penyusunan Data Primer sebagai Dasar Interoperabilitas Sistem Informasi pada Pemerintah Daerah Menggunakan Diagram Raci (Studi Kasus: Pemerintah Kabupaten Purworejo). JNANALOKA, 35-44. doi: 10.36802/jnanaloka.2021.v2-no1-35-44
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Subjek Dan Objek Evaluasi Pendidikan di Sekolah/Madrasah terhadap Perkembangan Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 384-399.