IDENTIFIKASI TATA LETAK PADA TAS MODULAR UNTUK FOOD VLOGGER SEBAGAI PENUNJANG PERANCANGAN PRODUK

Main Article Content

Jeremy Jamie Subagio
Wyna Herdiana
Brian Kurniawan Jaya

Abstract

Peran food vlogger dalam industri konten digital, khususnya dalam membagikan pengalaman kuliner mereka kepada audiens melalui video sangat penting. Kegiatan ini memerlukan penggunaan peralatan yang beragam seperti kamera, mikrofon, dan perlengkapan pencahayaan yang mendukung kualitas konten yang menarik dan informatif. Namun, tantangan yang dihadapi food vlogger terutama terkait dengan transportasi dan penyimpanan peralatan saat beraktivitas di luar studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tata letak optimal pada tas modular yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan food vlogger dalam membuat konten video tentang makanan. Food vlogger adalah individu yang aktif membuat konten kuliner menggunakan berbagai peralatan seperti kamera, mikrofon, pencahayaan, dan tripod. Masalah yang sering dihadapi adalah kesulitan dalam mengatur peralatan secara efisien dan aman saat berpindah lokasi untuk membuat konten di luar studio. Metode penelitian yang digunakan melibatkan In Depth Interview (IDI) dengan tujuh food vlogger di Surabaya, serta observasi langsung terhadap peralatan dan tas yang mereka gunakan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami preferensi dan tantangan yang dihadapi food vlogger dalam memilih tas yang cocok, serta untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang optimal dalam tas modular untuk mengakomodasi peralatan mereka dengan baik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas bagi perancang produk dalam mengembangkan tas modular yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan food vlogger, meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam proses pembuatan konten mereka.

Article Details

How to Cite
Subagio, J., Herdiana, W., & Jaya, B. (2025). IDENTIFIKASI TATA LETAK PADA TAS MODULAR UNTUK FOOD VLOGGER SEBAGAI PENUNJANG PERANCANGAN PRODUK. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 3(2), 102-112. https://doi.org/10.20895/askara.v3i2.1620
Section
Articles

References

Á, P.-V., Sz, S., & E, B. (2020). Advancement in geoeconomics through tourism promotion-international best practices of influencer marketing for corporate brand managers and policy makers. Economic and Social Development: 56th International Scientific Conference on Economic and Social Development : Book of Abstracts, 49–50.
Donneli, E. (2023). Pengaruh Food Vloggers pada Niat Beli di Media Sosial. Jurnal Solusi: Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 22–36. http://jurnal.stie-sbi.ac.id/index.php/jurnal/article/view/138
Fahrunnisa, Fernando, M. R., Pakolih, B. A., & Jakti, N. K. (2023). Analisis Khalayak Pada Youtuber Food Vlogger Ria SW Tahun 2018. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Media, 581–587. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasdesainmedia/article/view/7018
Hanafi, M. R., & Asnur, L. (2024). Analisis Konten Food Vlogger Pada Media Sosial Instagram Di Marriott Cafe Hotel JW Marriott Medan. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1), 50–58. https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v2i1.1736
Holtta, K. M. M., & Salonen, M. P. (2003). Comparing Three Different Modularity Methods. Conference: ASME 2003 International Design Engineering Technical Conferences and Computers and Information in Engineering Conference. https://doi.org/DOI:10.1115/DETC2003/DTM-48649
Saksama, E. P., & Prilliantini, A. (2023). Pengaruh food vlogger sebagai social media influencer terhadap minat beli produk makanan di kalangan followers gen Z akun Tiktok @javafodie. Jurnal Komunikasi Massa, 1. https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=PENGARUH+FOOD+VLOGGER+SEBAGAI+SOCIAL+MEDIA+INFLUENCER+TERHADAP++MINAT+BELI+PRODUK+MAKANAN+DI+KALANGAN+FOLLOWERS+GEN+Z+AKUN++TIKTOK+%40javafoodie
Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. ECODEMICA: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 46–58. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i1.1426