ANALISIS SEMIOTIK JOHN FISKE MENGENAI REPRESENTASI PERJUANGAN KELAS PADA SERIAL FILM PEAKY BLINDERS

Main Article Content

rangga cahyo mukti laksana
RR Widya Dhana Kusuma Nararya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui tanda semiotik apa saja yang merepresentasikan perjuangan kelas pada Serial Film Peaky Blinders; (2) mengetahui maksud dan pesan yang ingin disampaikan pada film tersebut melalui tanda semiotik. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori kelas Marxisme. Metode penelitian ini menggunakan Semiotika John Fiske dengan mengklasifikasinya ke dalam tiga bagian, yaitu: realitas, representasi, dan ideologi. Data diambil dari beberapa scene film pada musim 1-5. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pembagian kelas sosial adalah nyata, itu semua terjadi secara disengaja dan dikonstruksi secara sosial. Dalam serial Peaky Blinders ditampilkan selalu ada perjuangan kelas untuk menentang hegemoni kelas di atasnya.

Article Details

How to Cite
mukti laksana, rangga, & Kusuma Nararya, R. W. (2022). ANALISIS SEMIOTIK JOHN FISKE MENGENAI REPRESENTASI PERJUANGAN KELAS PADA SERIAL FILM PEAKY BLINDERS. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 1(1), 12-28. https://doi.org/10.20895/askara.v1i1.592
Section
Articles

References

[1] C. Ferguson, “Craig Ferguson 21 November 2014 Cillian Murphy , Jennifer Carpenter,” The Late Late Show With Craig Ferguson, American, 2014.
[2] E. Reinaldo, “Ini Dia 5 Fakta Menarik Dari Kisah Gangster di Serial ‘PEAKY BLINDERS,’” KapanLagi.com, 2022. .
[3] A. N. K and C. Nugroho, “Representasi Pemikiran Marxisme Dalam Film Biografi Studi Semiotika John Fiske Mengenai Pertentangan Kelas Sosial Karl Marx Pada Film Guru Bangsa,” Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fak. Komun. dan Bisnis, Univ. Telkom, vol. 11, no. 1, pp. 4–5, 2017.
[4] S. Danin, Menjadi Penulis Kualitatif, Ancangan Metodologi, Presentasi dan Pulikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, 2nd ed. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
[5] G. Linda, “Kajian Pustaka, Review Literatur,” 2021.
[6]: : “berdiri di bahu raksasa :: – Magister Teknik Informatika.” https://mti.raharja.ac.id/2016/10/30/berdiri-di-bahu-raksasa/ (accessed Jan. 27, 2022).
[7] T. Utami, “Gambaran Perempuan dalam Film ‘Berbagi Suami,’” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
[8] A. A. Mega Putra, “Presentasi Marxisme Pada Manga (Studi Semiotika John Fiske Mengenai Kelas Sosial Karl Marx Pada Komik Shingeki No Kyojin),” Universitas Telkom, 2015.
[9] N. G. S. Dewa, “Penggambaran Sosok Musuh dalam Film Superhero,” 2015, [Online]. Available: https://repository.usd.ac.id/37948/2/156322001_full.pdf.
[10] H. Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2001.
[11] T. Pah and R. Darmastuti, “Analisis Semiotika John Fiske Dalam Tayangan Lentera Indonesia Episode Membina Potensi Para Penerus Bangsa Di Kepulauan Sula,” Commun. J. Commun. Stud., vol. 6, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.37535/101006120191.
[12] D. F. R. Puspita and I. K. Nurhayati, “Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas Bias Gender Pada Iklan Kisah Ramadhan Line Versi Adzan Ayah,” ProTVF, vol. 2, no. 2, p. 157, 2019, doi: 10.24198/ptvf.v2i2.20820.
[13] B. Rusell, Sejarah Filsafat Barat. Yogyakarta: Kanisius, 2011.
[14] A. Pease and B. Pease, Kitab bahasa tubuh / Allan dan Barbara Pease ; penerjemah, 1st ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.