PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL “PUMP NATION KURVE CHAINLESS COMPETITION”

Main Article Content

harry atmami

Abstract

PUMP NATION Kurve Chainless Competition adalah sebuah event kompetisi sepeda di Bandung, tepatnya di Kurve Pump Track yang merupakan salah satu falisitas sepeda di Sindang Reret Cikole. Pada event ini Bank Jabar menjadi sponsor utama, dengan berbagai kelas kompetisi event ini diselenggarakan pada 27-28 Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode based project yang disesuaikan dengan client brief, sebagai data pendukung dalam pengumpulan data dilakukan juga observasi, studi literatur dan wawancara. Dari pengumpulan data kebutuhan identitas visual menjadi penting dalam menginformasikan dan mengkomunikasikan identitas dari event tersebut yang sesuai dengan client brief. Identitas visual yang visualisasinya merepresentasikan tentang sponsor utama, sepeda dan Kurve Pump Track dengan visual minimalis dan kontemporer. Hasil penelitian dari project based ini adalah sebuah identitas visual dari event PUMP NATION Kurve Chainless Competition, yang kemudian menghasilkan sebuah visual branding dari event tersebut.

Article Details

How to Cite
atmami, harry. (2022). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL “PUMP NATION KURVE CHAINLESS COMPETITION”. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 1(2), 114-121. https://doi.org/10.20895/askara.v1i2.854
Section
Articles

References

[1] B. Daftar et al., “PETA SEBARAN. Internet: https://covid19.go.id/id/peta-sebaran, 2021[Okt.15, 2022”.
[2] B. Gatra et al., “Memilih Gowes Sepeda untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat. Internet: www.gatra.com/news-498731-gaya-hidup-memilih-gowes-sepeda-untuk-mendukung-gaya-hidup-sehat.html, 19 Desember 2020 [Okt.15,2022].”
[3] S. Darsini, “Tinjauan Sosiologis Trend Bersepeda di Tengah Pandemi Virus Corona” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, vol. 4, no. 1, pp. 69–78, 2020.
[4] Kevin. Budelmann, Y. Kim, and Curt. Wozniak, Brand identity essentials : 100 principles for designing logos and building brands. Rockport Publishers, 2010.
[5] J. W. Creswell, “Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methode Approaches: Thrid Edition,” 2009.
[6] D. Pavlů, “Client Brief the Major Source of Effective Creativity in Marketing Communication,” 2016.
[7] S. A. Sani, N. Aslami, P. Studi, A. Syariah, F. Ekonomi, and D. B. Islam, “MAMEN (Jurnal Manajemen) Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar,” 2022.
[8] A. Farantika, “Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna dalam Website”
[9] I. Wahdaniah, A. Toni, and R. Ritonga, “Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut,” Warta ISKI, vol. 3, no. 01, pp. 67–74, Jun. 2020, doi: 10.25008/wartaiski.v3i01.57.
[10] A. Oscario, “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand”
[11] Y. Yulius, “Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual,” vol. 3, no. 3, 2018, [Online]. Available: http://www.designishistory.com/home/swiss/
[12] S. Januariyansah, “Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif dan Efisien Requirements Study of Automotive Skills Program Instructur Development View Project”, doi: 10.13140/RG.2.2.20543.97448.
[13] A. Wheeler, “Designing Brand Identity,” New Jersey, 2009.