Pengenalan Kata Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Menggunakan Augmented Reality (AR)
Main Article Content
Abstract
Tunarungu merupakan anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan dalam mendengar serta sulitnya komunikasi secara verbal, Ketidakmampuan penyandang tunarungu berkomunikasi mempengaruhi pengembangan bahasa dan menimbulkan sulitnya mendapatkan informasi. Oleh karena itu, diperlukan alat komunikasi bagi penyandang tunarungu yang dapat dipelajari sehingga, tidak ada kesalahan dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Peneliti membuat aplikasi dengan konten pendidikan untuk menciptakan media ajar yang dapat digunakan penyandang tunarungu atau orang normal mempelajari bahasa isyarat, menggunakan Augmented Reality (AR) sebagai media tambahan dalam pengembangan aplikasi serta menambahkan metode Agile Development dalam tahap perancangan sistem. Pengujian fungsionalitas dilakukan pada setiap kasus yang uji di masing-masing kebutuhan fungsionalitas. Hasil dari pengujian usability, menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) disebarkan kepada responden pengguna aplikasi SiLuAR memperoleh hasil uji normalitas lebih dari 0,05 sehingga aplikasi ber distribusi normal. Pengujian kepuasan pengguna mendapatkan nilai kurang dari 74 yang dibuktikan saat pengujian One-Sample T-Test artinya pengguna merasa kurang puas atas aplikasi. Pembelajaran bahasa isyarat ini menggunakan buku Belajar Bahasa Isyarat untuk Anak Tunarungu Dasar (BISINDO) Bahasa Isyarat Indonesia.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
[2] Sulastri, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Metode Komunikasi Total Bagi Anak Tunarungu Kelas II Di SLB Kartini Batam,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, vol. 1, no. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu, p. 210, 2013.
[3] D. R. Desiningrum, PSIKOLOGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS, 1 penyunt., Yogyakarta: Psikosain, 2016.
[4] D. Nincarean, M. B. Ali, N. D. A. Halim dan M. H. A. Rahman, “Mobile Augmented Reality: the potential for education,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, p. 660, 2013.
[5] R. A. Mursita, “Respon Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) Dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dalam Komunikasi,” Inklusi, vol. II, no. 2, p. 228, 2015.
[6] A. Annisa, N. Hiron dan M. A. K. Anshary, “Rancang Bangun Aplikasi Konversi Bahasa Isyarat Ke Abjad dan Angka Berbasis Augmented Reality Dengan Teknik 3D Object Tracking,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 25-29, 2017.
[7] M. B. M. Al Hakim, H. Tolle dan A. P. Kharisma, “Pengembangan Aplikasi Pelatihan Bahasa Pada Tunarungu Menggunakan Google Speech Berbasis Android,” Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 1125-1234, 2019.
[8] N. D. Hapsari, A. J. Toenlioe dan Y. Soepriyanto, “Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, pp. 185-194, 2018.
[9] J. R. Lewis, The System Usability Scale: Past, Present, and Future, IBM Corporation, Armonk, New York, USA: International Journal of Human–Computer Interaction, 2018.