Sosialisasi Literasi Digital dan Pelatihan Google Form Bagi Guru SDN Kertaharja 02 untuk Meningkatkan Wawasan Teknologi Digital

  • Novian Adi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Azrino Gustalika Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Digital Literacy, Google Form, Hoax Handling

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini banyak memberikan efek positif bagi segala aspek kehidupan, namun teknologi juga dapat memberikan efek negatif jika implementasi tidak sesuai kebutuhan. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk mewujudkan dan mengarahkan manusia berpikir kritis dan idealis.  Pendidikan bisa juga disebut mata rantai dalam kehidupan. SDN Kertaharja 02 yang berada di kecamatan Pagerbarang kota Tegal, berada jauh dari pusat perkotaan. Kemampuan guru menggunakan teknologi di SDN Kertaharja 02 terbatas, tidak ada laptop, komputer dan peralatan yang mendukung pemanfaatan teknologi yang baik. Guru terbatas hanya menggunakan smartphone pribadi masing-masing. Sehingga perlu dilakukan pengenalan tentang literasi digital untuk para guru agar terhindar dari efek negatif teknologi dan dilakukan pengenalan platform google form untuk mempermudah kegiatan yang dilakukan di area lingkungan sekolah. Bersarkan hasil survei kepuasan yang dilakukan setelah kegiatan ini selesai data tersebut menunjukan dampak pengabdian masyarakat yang dilakukan bahwa para guru merasa puas dan memberikan komentar positif kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto bersama mahasiswa kampus mengajar 3

References

Fathoni, M. Y., Nisa, R., Amriza, S., Wijayanto, S., Januarita, D., Prasetyo, Y. D., & Informasi, P. S. (2022). Pengembangan Kompetensi Bahan Ajar Pada Sekolah Dasar Negeri Panembangan Cilongok Menggunakan Prezi. Online) Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN), 2(1), 7–13. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v2i1.414
Hanifah Salsabila, U., Ulil Ilmi, M., Aisyah, S., Saputra, R., Agama Islam, P., Ahmad Dahlan Jalan Ring Road Selatan, U., & Yogyakarta, B. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 03(01).
Rezki Reza STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K., & STAI Rakha Amuntai, S. (2021). PENGARUH SUPERVISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENGAJAR. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 1, 84–92.
Song, Z., Wang, C., & Bergmann, L. (2020). China’s prefectural digital divide: Spatial analysis and multivariate determinants of ICT diffusion. International Journal of Information Management, 52, 102072. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102072
Tri Widodo, S., Ansori, I., ZaenalAbidin, H., Yulianto, S., Suharto, N., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Ilmu Pendidikan, F. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE FORM DI SEKOLAH DASAR. Communnity Development Journal, 2(2), 395–400.
Published
2023-01-25
Section
Articles