Pengenalan Huruf Hijaiah (ARENYA) Menggunakan Augmented Reality
Main Article Content
Abstract
Pengenalan huruf hijaiah yang dilakukan dengan media cetak biasanya menggunakan media berupa buku iqra yang terdapat huruf hijaiah. Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang mengombinasikan benda dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan dunia nyata, kemudian membuat obyek maya tersebut seolah terdapat di dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan sebuah pengenalan huruf hijaiah dan membaca makhorijul huruf. Media pengenalan ini dibuat dengan metode marked based tracking. Metode ini memanfaatkan fungsi sebuah marker sebagai media yang menampilkan objek tiga dimensi. Dalam pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall sebagai panduan terhadap tahap perancangan sistem. Pengujian fungsionalitas dilakukan untuk menguji pada masing-masing kebutuhan fungsionalitas dan pengujian usability menggunakan mdetode System Usability Scale (SUS). Hasil dari pengujian usability dengan metode SUS kepada responden aplikasi ARENYA memperoleh hasil rata-rata skor yaitu 77,2 yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dengan tingkat kategori ‘Good’.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
[2] D. Mulyani, I. Pamungkas, and D. N. Inten, “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques,” vol. 2, no. 2, pp. 202–210, 2018, doi: 10.31004/obsesi.v2i2.72.
[3] A. Tahalli, Pengembangan aplikasi iar (iqra’ augmented reality) berbasis android sebagai media belajar makhorijul huruf hijaiyah pada mata pelajaran pai di smk negeri 1 magelang. 2017.
[4] Y. Dianrizkita, H. Seruni, and H. Agung, “Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang,” J. Simantec, vol. 6, no. 3, pp. 121–128, 2018.
[5] A. R. Muhammad, W. S. Wardhono, and T. Afirianto, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Belajar Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah,” vol. 3, no. 1, pp. 1062–1069, 2019.
[6] S. T. ind, Karambir, “A Simulation Model for the Spiral Software Development Life Cycle,” Int. J. Innov. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 03, no. 05, pp. 3823–3830, 2015, doi: 10.15680/ijircce.2015.0305013.
[7] S. H. Juniardi Dermawan and Sistem, “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Perhitungan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,” Notes Queries, vol. 19, no. 159, p. 6, 2017, doi: 10.1093/nq/s5-VII.159.37-a.
[8] N. M. Arfian, “Implementasi Markerless Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android,” no. 25, 2016.
[9] R. Liza, “Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality Untuk Visualisasi Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran,” pp. 521–533, 2020.
[10] I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.