Analisis Sistem Informasi Di Sekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto Menggunakan COBIT 5

Main Article Content

Asiah Jayanti
Resad Setyadi
http://orcid.org/0000-0002-4575-3554

Abstract

Peran Sistem Informasi (SI) dalam Tata Kelola Teknologi Informasi (TKTI) mempunyai peranan penting dalam Lembaga Pendidikan sekolah TKTI sudah menjadi sangat berguna oleh Lembaga Pendidikan dalam membuktikan bahwa penilaian korelasi antara investasi Teknologi Informasi (TI) dengan masing-masing sekolah. Sekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto mempunyai masalah dengan Software (perangkat lunak) layanan akademik operasi siswa serta kebutuhan administrasi guru. Investasi IT dan pelayanan terbaik dalam mengakses kebutuhan guru dan siswa merupakan referensi penting tentang bisnis sekolah. Tujuan melalui penulis ini dilakukan adalah untuk menganalisisa manajemen risiko SI di Sekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto dengan memakai kerangka kerja Control Objective for Information and Related Technology (COBIT) 5. Melalui penulis ini yang memakai metode penulis kuantitatif dengan mendistribusikan beberapa pertanyaan kepada responden untuk mendapatkan data uji validitas dan reliabilitas untuk hasil perhitungan yang baik. Berdasrkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa nilai perhitungan tingkat kematangan menunjukkan pada tingkat level 3, yang artinya hasil tersebut berada pada posisi proses yang ditentukan. Proses sudah mencapai tujuannya dengan cara yang jauh lebih terarah menggunakan aset organisasi didefinisikan dengan baik. Rekomendasi penulis ini dilaksanakan adalah perlunya perbaikan dengan penambahan jaringan di Sekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto dan pemutakhiran Software administrasi bagi guru dan siswa.

Article Details

How to Cite
Jayanti, A., & Setyadi, R. (2022). Analisis Sistem Informasi Di Sekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto Menggunakan COBIT 5. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 5(1), 27-35. https://doi.org/10.20895/inista.v5i1.743
Section
Articles

References

[1] T. Triyono and R. D. Febriani, “Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling,” J. Wahana Konseling, vol. 1, no. 2, p. 74, 2018, doi: 10.31851/juang.v1i2.2092.
[2] M. Damayanti, Sariani, D. Yuliastri, M. El Khairat, and Yaningsih, “Optimalisasi Teknologi Digital Pada Proses Pembelajaran Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kota Madiun,” J. Pengabdi. dan Pengabdi. Masy. PNP, vol. 2, no. 2, pp. 94–98, 2020.
[3] N. K. Astini, Sari, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Lemb. Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.
[4] M. F. Satrio, INFORMATIKA KABUPATEN LAMONGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4 . 1 DOMAIN PLAN AND ORGANISE ( PO ) DAN ACQUIRE AND IMPLEMENT ( AI ) SKRIPSI memperoleh gelar Sarjana Komputer. 2018.
[5] M. Muthmainnah, S. Safwandi, M. Jannah, and ..., “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Proses Dss03 Dan Mea01 Di Universitas X,” J. Sist. …, vol. 6, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unimal.ac.id/sisfo/article/view/4848.
[6] C. Chen, J. Ma, Y. Susilo, Y. Liu, and M. Wang, “The promises of big data and small data for travel behavior (aka human mobility) analysis,” Transp. Res. Part C Emerg. Technol., vol. 68, pp. 285–299, 2016, doi: 10.1016/j.trc.2016.04.005.
[7] M. J. Al Shobaki and S. S. A. Naser, “The Role of the Practice of Excellence Strategies in Education to Achieve Sustainable Competitive Advantage to Institutions of Higher Education-Faculty of Engineering and Information Technology at Al-Azhar University in Gaza a Model,” Int. J. Digit. Publ. Technol., no. February, pp. 135–157, 2017, [Online]. Available: www.ijdpt.org.
[8] Y. N. Hantoro and S. Widodo, “Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Menggunakan Process Assessment Model ( Pam ) Cobit 5,” pp. 29–40.
[9] J. Aguiar, R. Pereira, J. B. Vasconcelos, and I. Bianchi, “An overlapless incident management maturity model for multi-framework assessment (ITIL, COBIT, CMMI-SVC),” Interdiscip. J. Information, Knowledge, Manag., vol. 13, pp. 137–163, 2018, doi: 10.28945/4083.
[10] F. Septa and R. Umar, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 127–135, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No2.pp127-135.
[11] E. Ekowansyah et al., “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan COBIT 5 di Universitas Jenderal Achmad Yani,” Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform., vol. 2017, p. 2017, 2017.
[12] O. Purwaningrum, B. Nadhiroh, and S. Mukaromah, “Literature Review Audit Sistem Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 587–595, 2021, doi: 10.33005/jifosi.v2i3.409.
[13] A. Syamsudin, “Evaluasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Stain Kediri Menggunakan Framework Cobit 5,” Semnasteknomedia, pp. 165–170, 2014.