Analisis Usability Testing Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Pada Website PKL ITTP

  • Salsabila Firda Yunita
  • Trihastuti Yuniati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: teknologi, website, usability testing, cognitive walkthrough, skenario tugas

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi internet yang paling umum digunakan saat ini adalah website. Website berperan sebagai media untuk menyebarkan informasi secara luas dan menyeluruh, memastikan bahwa informasi dapat sampai ke banyak orang dengan mudah. Contohnya pada Institut Teknologi Telkom Purwokerto untuk menyampaikan informasi dan mengolah data mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL. Website yang baik harus dapat diakses secara mudah dan cepat karena mengutamakan kemudahan pengguna sehingga tidak menyebabkan kesulitan. Oleh karena itu kemudahan pengguna menjadi prioritas utama dalam pengembangan sebuah website. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis usability testing pada website PKL Informatika ITTP dan memberikan rekomendasi perbaikan dari kendala yang dialami oleh user. Penelitian akan menggunakan metode cognitive walkthrough dan aspek usability yang diuji adalah learnability, effectiviness, dan efficiency. Berdasarkan analisis yang dilakukan penelitian ini menghasilkan presentase learnability sebesar 100% karena seluruh skenario tugas dapat diselesaikan oleh seluruh responden, effectiviness yang baik karena tidak ada kesalahan saat pengerjaan skenario tugas dan efficiency  dengan rata-rata waktu yang dihabiskan 16,6 detik serta terdapat 5 rekomendasi perbaikan, 3 diantaranya merupakan perbaikan sistem dan 2 rekomendasi lagi adalah perbaikan user interface.

References

[1] Nurbaiti and M. F. Alfarisyi, "Sejarah Internet di Indonesia," Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), vol. III, no. 2, p. 2336, 2023.
[2] A. W. Soejono, A. Setyanto and A. F. Sofyan, "Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale," Jurnal Teknologi Informasi , vol. XIII, no. 1, p. 32, 2019.
[3] H. L, I. K and H. H, "Perancangan User Experience Website Profil Dengan Metode The Five Planes (Studi kasus: BP3K Kecamatan Mundu)," Ilmiah intech, vol. I, no. 01, pp. 1-4, 2019.
[4] T. M. Alifia, N. P. Aji, A. A. Arsyad and L. R. Maghfiroh, "Perbaikan User Interface Menggunakan Usability Testing dan," Seminar Nasional Official Statistics, p. 928, 2021.
[5] A. Riyadi and J. , "Analisis Usability Testing pada User Interface," Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), vol. V, no. 2, p. 2, 2021.
[6] R. I. Rahadiasta, S. H. Wijoyo and H. M. Az zahra, "Evaluasi User Experience Pada Game FORTNITE MOBILE Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. III, no. 9, p. 9117, 2019.
[7] L. M. Ginting, G. Siantari and C. Panjaitan, "Perbandingan Metode Evaluasi Usability antara Heuristic," Jurnal Manajemen Informatika, vol. XI, no. 2, pp. 150-151, 2021.
[8] N. A. Zaini, S. F. M. Noor and T. S. M. T. Wook, "Evaluation of APi Interface Design by Applying," International Journal of Advanced Computer Science and Applications,, vol. X, no. 2, p. 307, 2019.
Published
2024-05-08
How to Cite
Yunita, S., & Yuniati, T. (2024). Analisis Usability Testing Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Pada Website PKL ITTP. Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED), 2(1), 1-9. Retrieved from https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/jasmed/article/view/1211