Perbaikan Tampilan User Interface untuk Meningkatkan User Experience pada Aplikasi DIGIPOS Aja menggunakan Metode User Centered Design

  • Ashwin Nanda Aditya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Auliya Burhanuddin Institut Teknologi Telkom Purwoketo
Keywords: User Experience, User Interface, User Centered Design, System Usability Scale

Abstract

DigiPOS merupakan platform Telkomsel untuk melakukan transaksi penjualan pulsa, paket data, voucher game serta
pembayaran tagihan secara mudah dan cepat. Semua bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. DigiPOS sangat cocok untuk
pelanggan yang akan melakukan penjualan pulsa perseorangan atau bahkan menjadi outlet. Saat ini DigiPOS lebih banyak
digunakan oleh outlet-outlet yang sudah berjualan pulsa Telkomsel sebelumnya. Permasalahan yang ditemukan pada aplikasi
DigiPOS menurut pelanggan adalah tampilan user interface (UI) dan user experience (UX) pada DigiPOS terlalu rumit sehingga
pelanggan merasa kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses menu saat melakukan transaksi. Berdasarkan
hasil kuesioner yang dilakukan kepada 10 responden didapatkan skor nilai 73 yang dimana skor tersebut pada tingkat cukup.
Sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan tampilan desain aplikasi DigiPOS Aja. Tujuan penelitian ini untuk
melakukan perbaikan desain aplikasi DigiPOS Aja dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan pengujian
menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil dari penelitian ini adalah solusi perbaikan desain pada aplikasi DigiPOS Aja
dengan hasil skor 82 yang berarti solusi desain baru dapat diterima oleh pengguna.

References

APJII, “Indonesian Internet Profile 2022,” Jun. 2022.

Survei Internet Indonesia, “Profil Internet Indonesia 2022,” Jun. 2022.

“Telkomsel Klaim Posisi Terdepan di Pasar Seluler Indonesia dalam Menghadapi Era New Normal,” Nov. 04, 2021.

W. Widhiarso, J. Jessianti, and S. Sutini, “Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus: Rumah Sakit Bersalin XYZ,” pp. 6–10, 2007.

Garret and J. James, The Elements of User Experience : User-Centered Design for the Web and Beyond. 2011.

J. R. Lewis, “The System Usability Scale: Past, Present, and Future,” Int J Hum Comput Interact, vol. 34, no. 7, pp. 577–590, Jul. 2018, doi: 10.1080/10447318.2018.1455307.

Edi Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability,” Mar. 07, 2019. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/

Bahtiar, Arief Rais, and Muhamad Azrino Gustalika. "Penerapan Metode System Usability Scale dalam Pengujian Rancangan Mobile Apps Gamification Tari Rakyat di Indonesia." Jurnal Media Informatika Budidarma 6.1 (2022): 491-499.

Sharfina, Zahra, and Harry Budi Santoso. "An Indonesian adaptation of the system usability scale (SUS)." 2016 International conference on advanced computer science and information systems (ICACSIS). IEEE, 2016.

Yulianto, Dinan, et al. "Development of Information and Management System of Student Competition Groups through User-Centered Design Approach." Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika 9.1 (2023).

Published
2024-01-01
How to Cite
Aditya, A., & Burhanuddin, A. (2024). Perbaikan Tampilan User Interface untuk Meningkatkan User Experience pada Aplikasi DIGIPOS Aja menggunakan Metode User Centered Design. JASMED : Journal of Software Engineering and Multimedia, 1(2), 76-82. https://doi.org/10.20895/jasmed.v1i2.1230