Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata Banjarnegara Berbasis Mobile
Abstract
Kabupaten Banjarnegara memiliki beragam destinasi pariwisata, meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata kerajinan, agro wisata, serta seni dan budaya.. Banyak wisatwan yang belum mengetahui apa-apa saja wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara dan belum adanya sistem informasi berbasis mobile yang menunjang informasi pariwisata disana. Terlebih lagi perkembangan smartphone sangatlah cepat dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti komunkasi, mencari informasi, dan lain-lain. Dalam pengembangan sistem informasi pariwisata, peneliti menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) melibatkan beberapa tahapan, termasuk perencanaan kebutuhan (requirements planning), desain pengguna (user design), pembangunan (construction), dan pengimplementasian (cutover). Sistem Informasi (SI) adalah hasil gabungan antara teknologi informasi dan aktivitas seseorang yang menggunakan teknologi informasi untuk mendukung operasi dan manajemen. Kemudian dalam digunakan sistem informasi menggunakan tools android studio untuk sebagai alat pengembangan aplikasi dan menggunakan framework flutter. Selanjutnya dalam pengembangan sistem informasi perlu dilakukan pengujian, pengujian sistem informasi memakai unit testing, dan black box testing yang merupakan pengujian yang tertuju kepada hal-hal teknis perangkat lunak.
References
R. Suryani, “Pelatihan Online Marketing Bagi Pelaku Umkm Bidang Pariwisata Di Desa Lengkong, Rakit, Banjarengara, Jawa Tengah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Menjadi Desa Wisata Berbasis Destinasi Digital,” Abdimas Tambara, vol. 1, no. 1, p. 6, 2021.
L. Lustono and K. D. Permatasari, “Pengaruh Media Sosial, Aksebilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Wisata Pagak, Banjarnegara,” Medikonis, vol. 13, no. 1, pp. 41–52, 2022, doi: 10.52659/medikonis.v13i1.53.
Moch. Agus Syadad Saefullah, Ridwan Iskandar, Budi Wibowo, M. Romi Okta Viano, and Gilang Ramadhan, “Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) di Desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara,” J. Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 7, pp. 3109–3128, 2022, doi: 10.55927/mudima.v2i7.715.
K. Wanayasa and K. Banjarnegara, “Strategi pengembangan desa wisata dawuhan, kecamatan wanayasa, kabupaten banjarnegara.”
T. Y. Afifa and R. A. Kinseng, “Analisis Tingkat Partisipasi dengan Tingkat Kesejahteraan Kelompok Sadar Wisata Pada Pengelolaan Pariwisata Dieng,” J. Sains Komun. dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 4, no. 5, pp. 624–634, 2020, doi: 10.29244/jskpm.v4i5.629.
B. D. Teang, N. Faizah, and W. Nurcahyo, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Di Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur Dengan Metode Location Based Service (Lbs),” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 4, no. 1, pp. 8–14, 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i1.105.
R. Pramono and A. F. Waluyo, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelian Tiket Pariwisata Di Kabupaten Wonogiri (Kasus Waduk Gajah Mungkur),” Kesatria J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer dan Manajemen), vol. 4, no. 4, pp. 1197–1204, 2023, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/269%0Afiles/5322/Pramono and Waluyo - 2023 - Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelian Tiket Pariw.pdf.
C. S. Anugrah, M. Masrur, H. B. Santoso, and I. Budi, “Aplikasi Pariwisata Jombang Berbasis Android Mengunakan Metode Haversine Formula,” Senasif, vol. 4, no. 1, pp. 2484–2490, 2020.
A. Of, R. Application, and D. Method, “Penerapan Metode Rapid Aplication Development Dalam Rancang Bangun Integrasi Sistem Pariwisata Gombengsari,” vol. 13, no. 02, pp. 45–54, 2023.
A. Salim, R. Rahmat, A. Gamawanto, and K. K. Aplikasi, “PEMBUATAN APLIKASI PEMANDU PARIWISATA BERBASIS MOBILE BAGI MASYARAKAT JAWA BARAT Abstrak : Pariwisata merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata , termasuk pengusahaan obyek dan daya tarik wisata serta usaha – usaha yang berkaitan di bidang t,” J. Teknol. Inf. Komun., vol. 8, no. 2, 2021.
G. E. Martin Pongantung, “Sistem Informasi Pariwisara Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Berbasis Web GIS,” J. Ilm. Sist. Inf. Akuntasni(JIMASIA), vol. 3, no. 1, pp. 24–32, 2023.
R. Fauzul Fitria, R. Purwaningsih, and A. Arvianto, “Pengembangan Aplikasi Perhitungan Indeks Komposit Sustainable Torism dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” 2022.
G. P. Sule, X. B. N. Najoan, and S. R. Sentinuwo, “Aplikasi Marketplace Paket Wisata Berbasis Android,” Tek. Inform., no. 2018, pp. 1–10, 2021.
I. K. Juniarta and I. N. B. Suweta, “Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat ( SEWAGATI ) Pemanfaatan Dan Pendampingan Pembuatan Qr Code Dan Facebook Marketplace Sebagai Media Promosi,” vol. 2, no. 2, pp. 86–92, 2023.
A. L. Kalua, S. Pondaag, and F. Mohune, “Sistem Informasi Pemetaan Objek Wisata Pesisir Kota Manado , Kota Bitung , dan Kab . Minahasa Utara,” pp. 84–94, 2023.
J. Romadoni, B. R. Hakim, and M. Rasyid, “Sistem Informasi Wisata Religi di Kota Banjarmasin Berbasis Flutter dan Firebase,” vol. 2, no. 1, pp. 41–53, 2023.
H. F. Syaifudin, A. Eviyanti, and M. A. Rosid, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Wisata Berbasis Android Menggunakan Flutter.”
R. S. Huda, A. F. Kurniawan, and M. Mukhozin, “Penerapan Firebase Pada Aplikasi E-Wisata Berbasis Android,” Stain. (Seminar Nas. Teknol. Sains), vol. 1, no. 1, pp. 247–256, 2022.
Copyright (c) 2024 Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.