Tinjauan Performa Load Balancing Ecmp Dengan Nth Pada Implementasi Beberapa Jalur Internet

  • Nugroho Agus Haryono Universitas Kristen Duta Wacana
  • Nola Kerenzia Universitas Kristen Duta Wacana
  • Gani Indriyanta Universitas Kristen Duta Wacana
Keywords: Jaringan, Load Balancing, NTH, Router, ECMP

Abstract

Pada teknologi modern, Internet merupakan hal yang sangat penting. Dunia Pendidikan seperti Universitas memiliki ketergantungan tinggi terhadap internet. Penggunaan internet dengan Bandwidth yang besar jika hanya diperoleh dari satu penyedia layanan internet dapat menimbulkan banyak resiko. Universitas- universitas saat ini menggunakan lebih dari satu penyedia layanan internet atau sering disebut Internet Service Provider (ISP), sehingga diperlukan cara agar pembagian Bandwidth pada dua atau lebih jalur ISP dapat seimbang. Dalam penelitian ini digunakan metode Load Balancing untuk mengatasi hal tersebut dengan mendistribusikan traffik jaringan ke beberapa jalur. Pada penelitian ini penulis membandingkan kinerja dua metode Load Balancing yaitu ECMP (Equal-Cost Multi-Path) dan NTH pada router mikrotik. Pengujian penerapan load balancing dilakukan dengan dengan memandingkan kecepatan bandwidth sesudah dan sebelum implementasi load balancing. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan penugasan pada piranti penelitian untuk melakukan download file dengan ukuran 200 MB sampai 500 MB. Setiap piranti juga diminta untuk request pada router agar mengakses youtube. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode QoS dengan cara menghitung kualitas kinerja kedua metode yang telah diimplementasikan. Pada QoS terdapat beberapa parameter yang digunakan untuk membandingkan hasil kinerja metode ECMP dan NTH yaitu Delay, Packet Loss, Jitter dan Throughput. Hasil sebelum adanya Load Balancing cenderung lebih buruk dibandingkan sesudah penerapan load balancing. Hasil keseluruhan pengujian parameter QoS melalui switch untuk metode ECMP memiliki hasil yang lebih baik daripada NTH dengan nilai Packet Loss 0.996%, Delay 0.3539 ms, dan Jitter 0.3377 ms.

Author Biographies

Nola Kerenzia, Universitas Kristen Duta Wacana

Prodi Informatika

Gani Indriyanta, Universitas Kristen Duta Wacana

Prodi Informatika

References

Darmawan and T. Imanto, "Analisa Link Balancing dan Failover 2 Provider Menggunakan Border Gateway Protocol (BGP) Pada Router Cisco 7606s," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 3, pp. 326-333, 2017.
Idham, Rodianto and H. Wahyudi , "Implementasi Load Balancing dan Failover pada Jaringan Internet Menggunakan Metode Nth," Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS), vol. 4, no. 3, pp. 131-136, 2022.
R. H. Saputra and A. Subardono, "Pengaruh Failover Pada Jaringan Software-Defined Network Dan Konvensional," Journal of Internet and Software Engineering (JISE), vol. 1, no. 1, pp. 1-9, 2020.
N. Sadikin and F. R. Ramadhan, "Implementasi Load Balancing 2 (Dua) ISP Menggunakan Metode Per Connection Classifier (PCC)," Jurnal Maklumatika, vol. 5, no. 2, pp. 194-203, 2019.
N. H. Wijaya and B. S. Panca, "Analisis Litensi Metode PCC, NTH dan ECMP untuk Load Balance dan Failover," Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, vol. 2, no. 1, pp. 177-189, 2020.
R. Pakiding, C. Iswahyudi and R. Y. Ariyana, "Simulasi Perbandingan Load Balancing Dengan Metode PCC, ECMP, Dan NTH Menggunakan GNS3," Jurnal Jarkom, vol. 9, no. 1, pp. 30-39, 2021.
I. Nurrobi, Kusnadi and R. Adam, "Penerapan Metode QoS (Quality of Service) untuk Menganalisa Kualitas Kinerja Jaringan Wireless," Jurnal Digit: Digital of Information Technology, vol. 10, no. 1, pp. 47-58, 2020.
P. R. Utami, "Analisis Perbandingan Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (ISP) Indihome dan First Media," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, pp. 125-137, 2020.
A. Tantoni, A. Setyanto and E. Pramono, "Analisis Dan Perancangan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi Pada STMIK Lombok," Informasi Interaktif, vol. 3, no. 1, pp. 67-76, 2018.
H. Nasser and T. Witono, "Analisis Algoritma Round Robin, Least Connection, Dan Ratio Pada Load Balancing Menggunakan Opnet Modeler," Informatika: Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 25-32, 2016.
Published
2024-01-15
How to Cite
Haryono, N., Kerenzia, N., & Indriyanta, G. (2024). Tinjauan Performa Load Balancing Ecmp Dengan Nth Pada Implementasi Beberapa Jalur Internet. JASMED : Journal of Software Engineering and Multimedia, 1(2), 83-94. https://doi.org/10.20895/jasmed.v1i2.1339