Rancang Bangun Game Edukasi 2D Hewan Laut Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle

  • Reynant Phaza Dealank Universitas Telkom
  • Faiz Muhammad Risyad Universitas Telkom
  • Maulana Ryan Zakli Universitas Telkom
Keywords: Game Edukasi 2D, Ekosistem Laut, Hewan Laut, Multimedia Interaktif

Abstract

Game edukasi 2D "Hewan Laut" dirancang untuk memberikan pengalaman belajar interaktif kepada pengguna, terutama siswa, mengenai keanekaragaman hayati laut dan interaksi ekosistemnya. Pengembangan game ini mengikuti pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), sebuah metodologi yang mengintegrasikan aspek-aspek pengembangan multimedia seperti perencanaan, desain, produksi, pengujian, dan distribusi. Pada tahap perencanaan, identifikasi tujuan pendidikan dan isi kurikulum dilakukan untuk memastikan bahwa game ini dapat memberikan nilai tambah dalam pembelajaran. Tahap desain melibatkan perancangan antarmuka 2D yang menarik dan lingkungan grafis yang mereplikasi keindahan ekosistem laut. Selain itu, perancangan konten edukatif tentang hewan laut, perilaku, dan peran mereka dalam ekosistem menjadi fokus utama. Produksi melibatkan pengembangan game secara menyeluruh, termasuk pemrograman, animasi, dan integrasi konten edukatif. Pengujian dilakukan untuk memastikan kesesuaian game dengan tujuan pendidikan dan keberfungsian yang baik. Selanjutnya, distribusi game akan dilakukan melalui platform yang dapat diakses oleh target audiens, seperti aplikasi mobile atau platform web. Game ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengguna tentang ekologi laut, mempromosikan kesadaran lingkungan, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Dengan mengikuti MDLC, pengembangan game ini menjadi lebih terstruktur dan berorientasi pada mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.

References

N. A. Suryandaru, “Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Yang Efektif,” J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 03, no. 02, pp. 88–91, 2020, [Online]. Available: http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

J. Y. Beli, F. Hariadi, and D. A. Sitaniapessy, “Permainan Edukasi Mengenal Angka dan Berhitung untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Berbasis Android,” Blend Sains J. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 46–55, 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i1.289.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

A. Rahmatika, A. A. Manurung, and F. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle),” Sudo J. Tek. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 122–130, 2023, doi: 10.56211/sudo.v2i3.330.

Erma Sova, “Aplikasi Game Edukasi Untuk Merangsang Otak Anak-Anak Dalam Mengenal Dan Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Construct 2 Berbasis Android,” J. Tek. dan Sci., vol. 2, no. 2, pp. 34–41, 2023, doi: 10.56127/jts.v2i2.789.

R. Arpiansah, Y. Fernando, and J. Fakhrurozi, “Game Edukasi VR Pengenalan dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 88–93, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Y. A. Rahman, E. D. Wahyuni, and D. S. Pradana, “Rancang Bangun Prototype Sistem Informasi Manajemen Program Studi Informatika Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” J. Repos., vol. 2, no. 4, pp. 503–510, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i4.433.

S. Alisyafiq, B. Hardiyana, and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” J. Pendidik. Kebutuhan Khusus, vol. 5, no. 2, pp. 135–143, 2021, doi: 10.24036/jpkk.v5i2.594.

F. Lumuindong, C. Mamuaja, D. Tarore, L. C. Mandey, and F. J. Paat, Biologi laut, Pertama., no. June. Manado: CV Mineral Mutiara Bumi, 2023.

L. A. Damanik, “Multimedia Development in Vocabulary Learning,” J. Educ. Dev., vol. 8, no. 2, pp. 595–598, 2020.

M. S. Rumetna, T. N. Lina, and A. B. Santoso, “Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Research and Development,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 119–128, 2020, doi: 10.24176/simet.v11i1.3731.

A. D. Putra and H. Salsabila, “Pengaruh Media Interaktif Dalam Perkembangan Kegiatan Pembelajaran Pada Instansi Pendidikan,” Inov. Kurikulum, vol. 18, no. 2, pp. 231–241, 2021, doi: 10.17509/jik.v18i2.36282.

P. Laole, Hartono Nurlette Studi and I. Kelautan, “Di Dusun Waiyoho Desa Kawa Socialization of Protected Fish Species in Waiyoho , Kawa Village,” BAKIRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 104–108, 2022.

W. Rahayu, D. W. Sari, T. Nuraya, and E. M. Harfinda, “Pengenalan Biota Laut Dilindungi Di Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat,” Bina Bahari, vol. 1, no. 2, pp. 48–55, 2022, doi: 10.26418/binabahari.v1i2.13.

Published
2024-12-31
How to Cite
Dealank, R., Risyad, F., & Zakli, M. (2024). Rancang Bangun Game Edukasi 2D Hewan Laut Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED), 2(2), 52-61. https://doi.org/10.20895/jasmed.v2i2.1372