Aplikasi Interaktif Suku Melayu: Bahasa, Sastra, Adab dengan Metode Kanban untuk Pembelajaran Multimedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran interaktif untuk menggali bahasa, sastra, dan adab Melayu. Fokus utama adalah mengatasi kekurangan media pembelajaran yang kurang interaktif dalam menyajikan informasi edukatif mengenai Suku Melayu, terutama terkait bahasa, sastra, dan adab, yang saat ini menghadapi tantangan pelestarian. Penggunaan metode Kanban, dengan enam tahapan seperti visualisasi, pembatasan tahapan, pengelolaan alur, penetapan kebijakan, implementasi feedback loops, dan peningkatan kolaboratif, diintegrasikan dalam pengembangan aplikasi ini. Hasil uji alpha testing menunjukkan bahwa semua fitur pada multimedia interaktif ini berjalan dengan baik, sementara hasil uji beta testing terhadap aplikasi yang dibuat menunjukkan respon positif dari pengguna, dengan nilai akhir mencapai 4,56 dari skala 5 dari 20 Responden. Aplikasi ini berpotensi meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap Suku Melayu, memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian bahasa, sastra, dan adab Melayu. Keberhasilan ini menjadikan aplikasi multimedia interaktif ini dianggap efektif dan layak digunakan dalam mendukung pembelajaran Suku Melayu, khususnya dalam konteks bahasa, sastra, dan adab. Hasil ini juga menunjukkan bahwa pendekatan dengan metode Kanban dapat membawa dampak positif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna, berpotensi meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap warisan budaya Suku Melayu.
References
A. M. Ilmiani, A. Ahmadi, N. F. Rahman, and Y. Rahmah, “Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 17–32, 2020, doi: 10.23971/altarib.v8i1.1902.
I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and Y. B. Bhakti, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Guru,” vol. 7, no. 4, pp. 2051–2054, 2019.
B. O. Lubis, I. Carolina, A. Supriyatna, A. Sudradjat, and H. Destiana, “Implementasi Metode Kanban pada Rancangan Sistem Informasi HelpDesk Pada Kantor Imigrasi Berbasis Website,” vol. 5, no. 2, pp. 106–117, 2023.
B. A. Akbar, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Kanban,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. V, no. 2, pp. 33–42, 2021.
R. Hartono, “Penerapan Kanban Model Sebagai Metode Perancangan Sistem Informasi (Studi Kasus: Pemetaan Sekolah SMA/K/MA Kota Tasikmalaya),” J. Petik, vol. 8, no. 1, pp. 27–34, 2022, doi: 10.31980/jpetik.v8i1.1252.
D. Herdiansyah, “Perancangan Dan Penerapan Sistem Kanban Di Pt Xy,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 6, no. 2, pp. 57–64, 2020, doi: 10.33197/jitter.vol6.iss2.2020.330.
A Sumarudin, Amirrudin, and A. Suheryadi, “Penerapan Sistem Informasi Penelitian Internal Di Politeknik Negeri Indramayu Menggunakan Metode Kanban,” JITSI J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 103–107, 2021, doi: 10.30630/jitsi.2.4.42.
N. Purwasih, “Menyingkap Problematika, Tantangan dan Solusi dalam Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah,” Kompasiana. Accessed: Dec. 30, 2024. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/noviprwsh/66002eacc57afb0f6505d416/menyingkap-problematika-tantangan-dan-solusi-dalam-penggunaan-media-pembelajaran-di-sekolah?form=MG0AV3
M. Senapathi and M. L. Drury-Grogan, “Systems Thinking Approach to Implementing Kanban: A case study,” J. Softw. Evol. Process, vol. 33, no. 4, pp. 1–16, 2021, doi: 10.1002/smr.2322.
I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 68, 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
B. Rianto, M. R. Ridha, and I. Alsa, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1 Tembilahan,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 1, p. 175, 2022, doi: 10.33365/jtk.v16i1.1373.
R. A. Putri and S. L. Handayani, “Pengembangan Media SiMach Land Berbasis Android di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2541–2549, 2021.
N. Latifah, Z. MS, and F. Fahrurrozi, “Analisis Kebutuhan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis Multimedia,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2021–2026, 2021.
N. Lutfiani, P. Harahap, Q. Aini, A. Dimas, A. R. Ahmad, and U. Rahardja, “Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 1, pp. 96–101, 2020.
H. Thadeus and T. Octavia, “Penerapan Kanban pada Sistem Inventori PT FSCM Manufacturing Indonesia,” J. Titra, vol. 6, no. 2, pp. 115–122, 2018.
Y. Hasan, “Menelusuri Asal Usul Bangsa Melayu,” Criksetra, vol. 3, no. 5, pp. 27–32, 2014.
S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha Dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 100–105, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.
Copyright (c) 2024 Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.