Pengembangan Game Edukasi Mengenal Hewan Langka di Indonesia Berbasis Desktop
Abstract
Pada penelitian ini berfokus pada kekurangan media informasi berbasis Multimedia interaktif di kalangan masyarakat sebagai wadah informasi yang menjelaskan tentang hewan langka di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif sebagai alat pembelajaran alternatif, dengan fokus khusus pada hewan-hewan langka di Indonesia yang perlu lebih dipahami oleh masyarakat. Permasalahan yang diatasi melibatkan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tematik, terutama untuk siswa kelas 1, yang pada akhirnya menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar terkait dengan keanekaragaman hayati. Solusi yang diusulkan melibatkan pengembangan produk multimedia interaktif berupa game edukasi, yang materinya secara mendalam terkait dengan hewan-hewan langka di Indonesia. Metode pengembangan yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang memiliki enam tahapan, yaitu Pengonsepan (Concept), Pendesainan (Design), Pengumpulan materi (Material collecting), Perakitan (Assembly), Pengujian (Testing), dan Pendistribusian (Distribution). Hasil yang diperoleh pada pengujian alpha, dipastikan bahwa semua fitur yang ada dapat berjalan dengan baik. Kemudian hasil yang diperoleh pada pengujian beta terhadap 30 responden menunjukkan penilaian sebesar 4,52 dari skala 5, mengindikasikan bahwa game edukasi ini mendapat penilaian yang baik dan dapat digunakan sebagai media informasi edukatif yang menarik perhatian terhadap keberagaman hewan langka di Indonesia.
References
Handiana, Erick, Lily Mauliani, and Anggana Fitri Satwikasari. "Pusat Penangkaran Hewan Langka Owa Jawa dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi di Bogor." PURWARUPA Jurnal Arsitektur 3.3 (2019): 199-206.
Permatasari, Novarisa. "Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Perlindungan Satwa Langka Di Indonesia." Ajudikasi: Jurnal Ilmu Hukum 5.1 (2021): 83-98
Aldo, Dasril, Miftahul Ilmi, and Hariselmi Hariselmi. "Pengembangan Multimedia Interaktif Hewan Berbisa dengan Metode Multimedia Development Life Cycle." Journal of Information System Research (JOSH) 4.2 (2023): 364-373.
Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri, Titin Titin, and Neuwidia Nuzul Putri. "Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 8.1 (2020): 141-151.
Tyas, Irene Intan Cahyaning, and Fatma Ulfatun Najicha. "Kajian Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Perlindungan Satwa Langka Di Indonesia." Fairness and Justice: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum 21.2 (2023): 51-58.
Pendidikan Multimedia : Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. N.p., PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Borman, Rohmat Indra, and Yogi Purwanto. "Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak." JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) 5.2 (2019): 119-124.
Alexandro, Rafellio, Ady Purna Kurniawan, and Anang Sularsa. "Media Pembelajaran Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality." eProceedings of Applied Science 7.6 (2021).
Raimon, Efendi. "BAB 10 Desain Multimedia Pembelajaran." Multimedia Interaktif: Dampak Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar (2023): 159.
Azira, Raihan. "Game Edukasi Pengenalan Nama–Nama Hewan Melata Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle [Universitas Almuslim]." Universitas Almuslim. Retrieved from http://repository. umuslim. ac. id 8080 (2022).
A. A. Jiwa Permana, “Usability Testing Pada Website E-Commerce Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) (Studi Kasus : Umkmbuleleng.Com),” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 149–158, 2019, doi: 10.23887/jstundiksha.v8i2.22858.
Copyright (c) 2025 Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.