Rancang Bangun E-Course Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype Dengan Laravel 10
Abstract
Ditengah kemajuan teknologi saat ini telah mengubah pandangan tentang konsep pembelajaran diseluruh institusi pendidikan secara signifikan tidak hanya di Indonesia, bahkan dunia. Hal ini dialami pula oleh Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA). Kegiatan belajar yang selama ini dilakukan dengan metode hybrid, yang menggabungkan komponen online dan offline harus dilakukan penambahan konsep pembelajaran yakni dengan menggunakan pembelajaran media elektronik atau e-learning Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa dalam memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran tanpa terikat oleh batasan waktu, kurikulum, atau kendala geografis. E-learning atau pembelajaran elektronik dengan sistem e-course menjadi solusi penting dalam meningkatkan kualitas dan pengalaman belajar. Sistem e-course untuk menyampaikan materi pembelajaran yang lebih spesifik dan terfokus pada suatu bidang atau keterampilan tertentu. Oleh karena itu, dibangunlah sebuah sistem e-course menggunakan framework Laravel dengan pendekatan pengembangan sistem prototype . Model prototipe adalah suatu metode pengembangan sistem yang secara langsung memasukkan hasil analisis suatu bagian dari suatu sistem ke dalam suatu model tanpa menunggu keseluruhan sistem selesai. Metode prototype mempercepat proses perancangan sistem e-course. Penelitian ini menghasilkan sistem e-course yang memungkinkan akses fleksibel terhadap materi pembelajaran, pengaturan waktu belajar yang sesuai kebutuhan, serta mengatasi hambatan geografis dan keterbatasan waktu melalui sebuah platform website.
References
I. P. Y. Indrawan and putu gede surya Nugraha, “Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web,” vol. 3, no. 3, pp. 367–374, 2020.
S. D. Riskiono and D. Pasha, “Analisis Perbandingan Server Load Balancing dengan Haproxy & Nginx dalam Mendukung Kinerja Server E- Learning,” vol. 10, no. 2, pp. 135–144, 2020.
N. Hidayat and K. Hati, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE),” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 8–17, 2021, doi: 10.51998/jsi.v10i1.352.
Darmansah and Raswini, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pedagang Menggunakan Metode Prototype pada Pasar Wage,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 6, no. 1, pp. 340–350, 2022.
T. Lesmana and M. Silalahi, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web Pada TPQ AL-Maarij,” J. Comasie, vol. 6, no. 4, pp. 11–19, 2022.
A. Priamnistiko, Y. Handrianto, and H. S. Sukmana, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Model Waterfall,” J. Inov. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 50–57, 2021, doi: 10.51170/jii.v6i1.143.
D. A. Hardianty, I. Yustiana, and Somantri, “Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Berbasis Progressive Web Apps Untuk Menunjang Pembelajaran Online dengan Metode Prototyping,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 6, no. 2, pp. 754–765, 2022.
F. Putri, A. Koko, and A. Yayuri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris menggunakan Metode Prototype pada SMK Muhamnmadiyah 3 Pekanbaru,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 143–153, 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2852.
S. A. R. Pradana, R. R. Saedudin, and A. Musnansyah, “Perancangan aplikasi sistem informasi jual beli suku cadang vespa berbasis website menggunakan metode prototype studi kasus: Toko Jube Scoot Tangerang Selatan,” e-Proceeding Eng., vol. 10, no. 3, pp. 3275–3282, 2023.
N. M. D. Febriyanti, A. A. K. O. Sudana, and I. N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2021.
M. Fadhli and Annisa Marion, “Penerapan Metode Prototyping Pada Aplikasi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Berbasis Web,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 127–133, 2022, doi: 10.52158/jacost.v3i1.267.
A. Arizal, A. N. Puteri, F. Zakiyabarsi, and D. F. Priambodo, “Metode Prototype pada Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.30646/tikomsin.v10i1.606.
I. G. B. W. Atmaja, K. N. A. Kusuma, A. A. E. Wirayuda, I. K. Widiantara, N. Premadhipa, and G. S. Mahendra, “Penerapan Metode Prototype pada Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Buleleng Berbasis Website,” RESI J. Ris. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 56–65, 2023, doi: 10.32795/resi.v1i2.3553.
K. K. Pertiwi, “UNTUK PEKAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTIPE”.
C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
Copyright (c) 2024 Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.