TERAPAN SMART TECHNOLOGY PADA DESAIN INTERIOR GLORY JAYA STATIONERY STORE DI SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Perkembangan zaman mendorong desainer dalam menciptakan desain yang tidak mudah termakan waktu namun tetap menarik pengguna. Menarik diartikan menjawab permasalahan desain seperti kebutuhan ruang, keinginan ruang, bahkan konsep tata ruang. Tidak hanya itu, desainer juga dituntut untuk menciptakan desain yang meningkatkan efektivitas serta produktivitas kerja, namun tidak mudah termakan waktu. Maka dari itu smart technology design menjadi salah satu solusi yang menjawab permasalahan tersebut, dengan adaptasi dari smart material, devices, hingga sensors serta minuteman kenyamanan pengguna dan flexibilities ruang. Sama halnya dengan perkembangan desain yang ada, perkembangan bisnis ritel di Indonesia juga semakin berkembang pesat. Hal tersebut menimbulkan dampak seperti persaingan antar bisnis hingga perubahan pembeli dalam berbelanja. Maka dari itu, setiap bisnis ritel diharapkan dapat memiliki strategi dan daya tariknya sendiri dalam menarik konsumen. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain dengan terapan smart technology pada Glory Jaya Stationery Store, yang merupakan sebuah toko ritel bidang alat tulis dan kantor. Metode desain yang digunakan adalah understand, observe, point of view, ideate, prototype, test, story telling, pilot, dan business model. Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan yang ada yaitu dengan menghasilkan desain stationery store yang nyaman dan dapat menarik perhatian pengunjung, serta menerapkan smart technology. Hasil dari penelitian ini adalah 1 set desain interior dengan terapan smart technology yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan pengguna ruang, serta meningkatkan daya tarik dari toko ritel.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
10.30865/jurikom.v9i1.3831
Budiyanto, Ekowati, T., & Saputra, M. H
(2018). Analisis Konsep Belanja dan Rekreasi pada Beberapa Perusahaan Ritel di Jogjakarta: The 7th University Research Colloquium 2018, Surakarta: STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.
Budianto, F. F. (2023) Implementasi teknologi dalam manajemen komunikasi bisnis. Action Research Literate, 7(9), 4
10.46799/arl.v7i9.167
Dharmawan, P. I., & Wardhana, M. (2019). Desain interior Tourism Information Center Sidoarjo dengan konsep historical recognition and modern smart technology. Jurnal Sains dan Seni ITS, 8(2), 170.
10.12962/j23373520.v8i2.49152
Fadillah, A., Hengky, B., Suardy, W. (2019) Pemasaran Ritel. Bogor: Kesatuan Entrepreneur Center.
Fransisca, H., & Sugiyono. (2014). Perspektif konsumen terhadap retail mix di Ayam Bakar Primarasa Ahmad Yani Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 3.
Han, J. X. & Ma, M. Y. (2018). The study of charm factor of stationery shop. Journal of Interdisciplinary Mathematics, 21(2), 229.
10.1080/09720502.2017.1420559
Hartanti, D. F., Lestari, D. P., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh shopping lifestyle, discount dan promosi penjualan terhadap implusive buying produk di Cordy Butik Bandar Lampung. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan, dan Akuntansi (MEKA), 3(1), 377.
Jumawan, K. A., & Darmayanti, T. E. (2023). Kajian warna pada interior retail melalui persepsi konsumen: display Blitz Shoes Store, Bandung. Jurnal Vastukara, 3(1), 160-161.
https://doi.org/10.59997/vastukara.v3i1.2315
Khafaji, I. A. M. & Kamaran, R. (2019). The influence of spatial flexibility to improve sustainability of interior design by using smart technology (Case study–Future Smart home in Iraq). European Journal of Sustainable Development, 8(4), 439.
10.14207/ejsd.2019.v8n4p438
Liesawan, T. M., Wibowo, M., & Rizky, M. T. (2023). Konsep delightful dormitory pada interior asrama putri Terang Kasih Bangsa di Papua. Jurnal Desain, 10(2), 252.
http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i2.13462
Meliana, Kusumarini, Y., & Poillot, J. F. (2017). Perancangan interior bistro dan booth “Leker Boss” di Surabaya. Jurnal Intra, 5(2), 223.
Nurhajijah, S., Dewi, I. R., & Aisy, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen pada Business Centre SMKN 1 Lemahabang Cirebon. JIEB: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 7(2), 215.
https://doi.org/10.35972/jieb.v7i2.469
Panero, J., & Zelnik, M. (1979). Human dimension & interior space. New York: Whitney Library of Design.
Ranjan, R. (2024) Design thinking volume 2. India: Jagdish Sheth School of Management (JAGSoM).
Rashdan, W. (2016).
The Impact of Innovative Smart Design Solutions on Achieving Sustainable Interior Design: Proceedings of the 11 International Conference on Urban Regeneration and Sustainability (SC 2016). Uni Emirat Arab: WIT Conferences.
Ron, D. (22 September 2015) Industry 4.0: Digitalisation for productivity and growth. Retrieved from https://www.europarl.europa.eu/thinktank/en/document/EPRS_BRI.
Saragih, L. (2019) Identifikasi dampak perkembangan teknologi terhadap tenaga kerja toko ritel Indonesia: studi kasus Toko X. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(1), 14 & 24.
10.14203/jki.v14i1.364
Yuliana, E. S. & Oetama, R. S. (2024). Enhancing marketing strategies for office stationery stores using equivalence class transformation algorithms. Jurnal Teknologi Terapan, 8(1), 1.
https://doi.org/10.33379/gtech.v8i1.3441
Wikipedia. (5 April 2004) Teknologi, Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi.