BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA REFERENSI SISWA SEKOLAH DASAR MENGENAL SATWA TRMS SERULINGMAS BANJARNEGARA

Main Article Content

REZA WINDA SEPTIANA
Achmad Sultoni
Yanuar Ikhsan Pamuji

Abstract

Buku pop-up dapat menjadi media yang efektif untuk mengenalkan lingkungan kepada anak-anak, termasuk mengenalkan berbagai jenis satwa. Hal ini karena anak-anak dapat belajar dengan menggunakan media yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah buku pop-up sebagai media referensi jenjang siswa sekolah dasar (SD) mengenal satwa di Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara. Selain itu, buku pop-up ini diharapkan menjadi salah satu media alternatif sebagai bentuk promosi TRMS Serulingmas. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif di mana data primer diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumen resmi lainnya. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang relevan dengan permasalahan. Objek dari penelitian ini adalah TRMS Serulingmas Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threats) untuk menganalisis perancangan buku pop-up sebagai media referensi anak sekolah dasar TRMS Serulingmas sebagai objek wisata. Hasil penelitian berupa rancangan desain buku pop-up mengenal satwa di Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara. Gaya desain buku pop-up menggunakan gaya desain vector kartun yang sederhana agar mudah dikenali oleh anak, warna setiap halaman yang berbeda sesuai dengan tema hewan. Hewan yang disebutkan di setiap halaman merupakan hewan secara spesifik seperti: burung, rusa, beruang, singa, buaya dan monyet.

Article Details

How to Cite
SEPTIANA, R., Sultoni, A., & Pamuji, Y. (2022). BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA REFERENSI SISWA SEKOLAH DASAR MENGENAL SATWA TRMS SERULINGMAS BANJARNEGARA. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 1(2), 20-36. https://doi.org/10.20895/askara.v1i2.809
Section
Articles

References

[1] Serulingmas, “Serulingmas Zoo,” serulingmas.com, 2022. https://serulingmas.com/ (accessed Jan. 18, 2022).
[2] R. N. F. Ika Lestari, “Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 30, no. 1, p. 21, 2016, doi: 10.21009/pip.301.3.
[3] Gamal Thambroni, “Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam - serupa.id,” Feb. 11, 2021. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/ (accessed Jan. 19, 2022).
[4] M. Prawiro, “Pengertian SKETSA adalah: Fungsi, Jenis, Unsur, dan Contoh Sketsa,” Oct. 18, 2019. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-sketsa.html (accessed Feb. 07, 2022).
[5] Bandung Kiwari, “Mengenal Pop Up, Buku Tiga Dimensi yang Unik dan Banyak Dicari | kumparan.com,” Jul. 04, 2018. https://kumparan.com/bandungkiwari/mengenal-pop-up-buku-tiga-dimensi-yang-unik-dan-banyak-dicari-27431110790538368/2 (accessed Jan. 19, 2022).
[6] Visit Banjarnegara, “Yuk! Berwisata Ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo | Visit Banjarnegara,” Sep. 15, 2020. https://visit.banjarnegarakab.go.id/yuk-berwisata-ke-serulingmas-banjarnegara-interactive-zoo/ (accessed Jan. 19, 2022).
[7] R. Setiyanigrum, “Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi,” no. 2016, pp. 2016–2020, 2020.
[8] I. M. Aditya Dharma, “Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 53–63, 2019, doi: 10.23887/jlls.v2i1.17321.
[9] T. A. S. Prasida, “Perancangan Buku Pop up Cerita Bergambar ‘ Yanes Penakut Yang Menjadi Pemberani ’ Untuk Anak Usia 7-8 Tahun Artikel Ilmiah,” no. 692011042, 2018.
[10] R. A. R. Sari and M. Martadi, “… Ilustrasi ‘Yuk Mengenal Satwa Langka Di Taman Nasional Baluran’ Bergaya Semi Abstract Art Sebagai Media Edukasi Untuk Anak 6 …,” BARIK J. S1 Desain …, vol. 1, no. 1, pp. 152–168, 2020, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35679.

[3] R. N. F. Ika Lestari, “Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 30, no. 1, p. 21, 2016, doi: 10.21009/pip.301.3.
[4] I. K. Eri Karisma, I. G. Margunayasa, and P. A. T. Prasasti, “Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 121, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.24458.